Banyak Pegowes Keluar Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin, Wagub DKI Menanggapi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 15:46 WIB
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI telah menyediakan jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin untuk para pegowes. Namun masih ditemukan beberapa sepeda yang masih tidak menggunakan jalur sepeda itu. Lantas bagaimana tanggapan Pemprov?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyarankan para pesepeda menjadikan sepeda sebagai alat transportasi utama, bukan hanya sebagai alat olahraga. Hal itu ditujukan untuk perubahan moda transportasi yang sehat dan ramah lingkungan, khususnya di Jakarta.

"Jalur sepeda konsep kita seperti yang disampaikan Pak Gubernur, kita ingin sepeda ini tidak hanya menjadi hanya olahraga, alat rekreasi, tapi kita berharap menjadi alat transportasi," kata Wagub Riza kepada wartawan di SMP-SMA Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2021).

"Untuk itu, kita mendorong masyarakat tidak hanya Sabtu-Minggu sebagai rekreasi dan olahraga menggunakan sepeda. Hari-hari kerja mari gunakan secara bertahap dan pelan-pelan supaya menjadi alat transportasi yang murah yang sehat dan ramah lingkungan dan sebagainya," tambahnya.

Wagub Riza pun berencana meningkatkan jalur sepeda ini dengan memperpanjang jalur dan lebar, sehingga para pesepeda bisa lebih disiplin.

"Dan kami berkomitmen Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan tidak hanya panjangnya ya, yang kami tambah terus tapi juga lebarnya, dan secara bertahap kami permanenkan untuk kita minta semua belajar disiplin, para pengguna sepeda di jalur yang ada dan juga masyarakat yang bukan pengguna sepeda jangan gunakan jalurnya sepeda. Kita belajar sesama warga untuk lebih patuh hidup teratur tertib," katanya.

Selanjutnya, soal wacana sanksi tilang untuk pesepeda keluar jalur:

Simak video 'Duh! Banyak Pesepeda Keluar Jalur Sepeda di Sudirman':

[Gambas:Video 20detik]