Pilih Gowes di Luar Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin, Ini Alasan Road Biker

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 11:10 WIB
Suasana jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/3/2021)/(Azhar-detikcom)
Suasana jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/3/2021). (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Akhir-akhir ini muncul wacana peraturan bagi pesepeda yang keluar dari lajur sepeda permanen Sudirman-Thamrin akan dikenai sanksi tilang. Kebanyakan dari mereka yang keluar lajur sepeda adalah pengguna sepeda balap atau road bike.

Teramati di Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, laju road bike memang cenderung lebih cepat ketimbang sepeda jenis lainnya. Kadang-kadang kecepatan road bike menyamai kecepatan sepeda motor.

Salah satu road biker bernama Faisal (29) menjelaskan menggunakan jalur sepeda di Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin bila ingin bersantai. Namun, jika ingin gowes bersama kawan road biker-nya, istilahnya 'peletonan', Faisal memilih di luar jalur.

"Sebenarnya kalau santai enak di jalur sepeda ini, tapi kalau buat kayak peleton barengan, enakan di luar jalur. Ya karena kan kalau peleton biasanya cepat (lajunya) kan. Jadi kalau yang jalur sepeda, biasa banyak seli (sepeda lipat), jadi agak terhalang, jadi agak lambat gitu," ujar Faisal saat ditemui di lokasi, Sabtu (13/3/2021).

Dengan itu, Faisal menyarankan road biker yang ingin peletonan untuk gowes di tempat lain. Menurutnya, jalur sepeda Sudirman-Thamrin ini memang diwajibkan untuk masuk ke jalur.

Pesepeda roadbike di Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin. (Azhar/detikcom)Faisal, pesepeda. (Azhar/detikcom)

"Sebenarnya, kalau buat yang di jalur Sudirman ini lebih baik menurut saya benar pakai jalur sepeda ini. Karena kalau pengin kenceng atau peletonan gitu, mending di tempat lain, bukan di sini. Karena harus berbagi sama pengendara lain ya atau pengguna jalan lainlah," ujarnya.

Selain itu, ada road biker Denny (27) yang juga memilih menempuh jalan di luar lajur sepeda. Menurutnya, sepeda balap memiliki kecepatan di atas peraturan pada jalur sepeda.

"Saya lebih senang di luar jalur sih. Karena kalau di dalam jalur itu kan sempit dan kalau dilihat itu kan speed-nya cuma 25 km/jam ya. Sedangkan kalau untuk road bike bisa sampai 30 km/jam ke atas," ujar Denny.

Selanjutnya, harapan perbaikan lajur sepeda:

Simak video 'Pemobil Tabrak Pesepeda di Bundaran HI, Polisi Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]