detikcom Do Your Magic

Cari Solusi Macet Jl Moh Kahfi I, Dishub Akan Koordinasi ke Anies Baswedan

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 21:04 WIB
Potret Kemacetan Gegara Putar Balik Jl Moh Kahfi 1 Jagakarsa, 5 Maret 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)
Potret Kemacetan Gegara Putar Balik Jl Moh Kahfi 1 Jagakarsa, 5 Maret 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Jl Moh Kahfi I di Jakarta Selatan sering macet. Solusi pasti mengurai masalah ini belum ketemu. Kini pihak Dinas Perhubungan DKI berencana minta pencerahan ke Gubernur Anies Baswedan.

"Saat ini sebagai upaya sementara dari pihak Dinas Perhubungan akan berkoodinasi dengan pihak Gubernur (Anies Baswedan -red)," kata Penjabat Pusat Informasi Data Satuan Pelaksana Perhubungan (Satpelhub) Jagakarsa, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Bayu Kuswara, kepada detikcom, Jumat (12/3/2021).

Jl Moh Kahfi I berada di Jagakarsa, Jaksel, menghubungkan Ciganjur dengan Depok (Jawa Barat). Titik kemacetan berpusat di sekitar persimpangan Jl Brigif yang mengarah ke Tol Desari dan persimpangan Jl Warung Sila. Di sini juga ada tempat putar balik kendaraan.

Jl Moh Kahfi I memang ramai, namun ukurannya tidak lebar. Belum jelas betul, solusi apa yang bisa diterapkan untuk mengurai macet jalan ini.

"Kami belum tahu pasti apakah akan ada pelebaran jalan atau rekayasa lalu lintas sebagai langkah terdekat," kata Bayu Kuswara.

Selanjutnya, Dishub DKI sudah meninjau ke lokasi macet Jl Moh Kahfi I:

Dia memahami, pelebaran jalan bakal makan waktu yang tidak sebentar. Pada tingkat Satuan Pelaksana, upaya praktis saat ini adalah menangani langsung kemacetan di lokasi. Petugas Dishub dikerahkan untuk mengatur lalu lintas pada jam-jam sibuk. Solusi yang saat ini juga dikaji adalah mempersilakan pengguna jalan untuk lewat jalan alternatif yakni Jl Aselih supaya Jl Moh Kahfi I tidak terlalu macet bila pengendara hendak ke arah Krukut, Mampang, dan Cinere.

"Alhamdulillah Rabu (10/3) kemarin Dinas Perhubungan DKI sudah meninjau langsung ke titik tersebut, baik di Jl Brigif-nya maupun di Jl Moh Kahfi-nya," kata Bayu.

(dnu/dnu)