1 Orang Jadi Tersangka Longsor Maut Tambang Emas Ilegal di Sulteng

Mohammad Qadri - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 18:42 WIB
1 Orang Jadi Tersangka Longsor Maut Tambang Emas Ilegal di Sulteng
Foto: dok.istimewa
Jakarta -

Aparat kepolisian menetapkan satu tersangka terkait aktivitas pertambangan ilegal Desa Buranga, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Selain itu empat alat berat jenis ekskavator dan dua mesin dompeng disita.

"Hari ini penyidik menetapkan 1 orang tersangka yang bekerja sebagai operator alat berat. Ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil pemeriksaan delapan orang saksi," ungkap Kapolres Parigi Moutong AKBP Andi Batara saat dihubungi pada Jumat (12/3/2021).

Andi Batara menyebutkan saat ini pemeriksaan masih terus berlanjut. Pemeriksaan dan pengumpulan barang bukti disebut masih dilakukan hingga ditemukannya tersangka utama.

"Pemeriksaan masih terus berlanjut, untuk saat ini memang baru 1 orang yang berinisial JD tersangka. Tersangka utama belum ditemukan namun pemeriksaan dan mengumpulkan barang bukti terus dilakukan," ucapnya.

Selain itu, menurut AKBP Andi Batara bahwa ada empat berat dan sejumlah peralatan lainnya yang digunakan dalam pertambangan tersebut disita di Mako Polres Parigi Moutong.

Diketahui sebelumnya peristiwa longsor terjadi tepat di lokasi tambang di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, dan menewaskan 7 penambang tradisional dan 16 orang selamat.

(dwia/dwia)