Ke Kalteng, Ustad Das'ad Latif Sampaikan Vaksin Adalah Ikhtiar Melawan Wabah

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 17:39 WIB
Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo dan Ustaz Dasad Latif bertemu bahas vaksin dari sisi agama Islam
Foto: Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo dan Ustaz Das'ad Latif bertemu bahas vaksin dari sisi Islam (Tangkapan layar)
Palangka Raya -

Penceramah, Ustaz Das'ad Latif menyampaikan ceramah singkat saat bertemu Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Dedi Prasetyo. Ceramah singkat yang disampaikan Ustaz Das'ad adalah soal vaksin COVID-19 dalam pandangan Islam.

Mulanya, Dedi mengungkapkan pihaknya saat ini sedang melaksanakan tugas sosialisasi vaksin COVID-19. Dedi menuturkan masyarakat masih ada yang meragukan vaksin COVID-19.

"Kami masih melaksanakan tugas sosialisasi untuk vaksinasi secara nasional di Kalimantan Tengah. Memang masih ada pendapat-pendapat masyarakat yang masih ada keraguan. Kami mohon izin (Ustaz Das'ad) untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat di Kalimantan Tengah, bagaimana masaklah vaksinasi menurut keagamaan Islam?," ucap Dedi dalam video yang diterima detikcom, Jumat (12/3/2021).

Pertemuan antara keduanya terjadi di ruang kerja Kapolda Kalteng, Mapolda Kalteng, Jalan Cilik Riwut, Palangka, Jekan Raya, Palangka, Palangka Raya, Kota Palangka Raya. Keduanya nampak berdiri berhadapan sambil mengenakan masker.

Ustaz Das'ad kemudian menjelaskan soal vaksin dalam pandangan Islam. Dia menyebut vaksin COVID-19 merupakan bentuk sebuah ikhtiar. Soal keraguan masyarakat, Ustaz Das'ad menyebut ciptaan manusia memang tak sempurna, sebab kesempurnaan adalah milik Allah SWT.

"Vaksin ini adalah ikhtiar, upaya. Biar bapak berdoa terus, tidak akan selesai doa kalau tanpa ikhtiar. Kita minta dilindungi dari wabah, ikhtiarnya adalah vaksin. Rasulullah itu tidak ada ruginya, tidak ada susahnya Rasulullah berdoa 'Ya Allah menangkanlah kami dalam perang', tapi beliau ikut perang karena ikhtiar," terang Ustaz Das'ad.

"Kita berdoa ya Allah, mudah-mudahan bebas dari wabah, ikhtiarnya vaksin. Nah ada orang bilang 'Ini kan belum sempurna', kalau mau sempurna ya ciptaan Allah. Kalau selama ciptaan dan buatan manusia pasti tidak sempurna. Maka bervaksinlah, insyaAllah ini halal," tandas Ustaz Das'ad.

(aud/fjp)