Pemobil Tabrak Lari Pesepeda di HI Terancam Pidana Penjara 3 Tahun

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 17:12 WIB
Polisi kejar pengemudi mobil yang tabrak lari pesepeda di HI
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pengemudi mobil Mercy melarikan diri setelah menabrak seorang pesepeda di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Polisi mengatakan pengemudi mobil tersebut terancam pidana 3 tahun karena melarikan diri setelah menabrak korban.

"Pidana jelas, karena kan laka lantas. Apalagi tabrak lari," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar kepada wartawan di Bundaran HI, Jakpus, Jumat (12/3/2021).

Kendati begitu, Fahri menyebut perlu mengungkap kronologis kejadian terlebih dahulu untuk penerapan pasal apa yang akan diterapkan kepada si pengemudi mobil tersebut.

"Yang jelas kalau dia tidak menghentikan kendaraan, tidak memberikan pertolongan, tidak melaporkan ke pihak kepolisian, itu bisa dikategorikan sebagai tabrak lari," ucapnya.

"Kalau tabrak lari Pasal 312 (UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), ancamannya 3 tahun," kata Fahri menambahkan.

Adapun Pasal 312 UU Nomor 22 Tahun 2009 berbunyi:

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas dan dengan sengaja tidak menghentikan kendaraannya, tidak memberikan pertolongan, atau tidak melaporkan kecelakaan lalu lintas kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan huruf c tanpa alasan yang patut, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp 75 juta."

Pasal 231 ayat (1) berbunyi:

"Setiap orang yang mendengar, melihat, dan/atau mengetahui terjadinya kecelakaan lalu lintas wajib:
a. menghentikan kendaraan yang dikemudikannya.
b. memberikan pertolongan kepada korban.
c. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara
Republik Indonesia terdekat, dan
d. memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian
kecelakaan."

Seperti diketahui, seorang pesepeda ditabrak lari pengemudi mobil Mercy di Bundaran HI, pagi tadi. Polisi telah mengantongi identitas pengemudi mobil tersebut.

Polisi saat ini tengah mencari pengemudi mobil tersebut. Namun polisi juga meminta pengemudi tersebut menyerahkan diri ke polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya itu.

(mea/mea)