Disinggung Puan, Ini Daftar Pemimpin Nonmuslim yang Pernah ke Istiqlal

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 16:23 WIB
PM India Narendra Modi saat kunjungi Masjid Istiqlal (Andhika Prasetya/detikcom)
PM India Narendra Modi saat kunjungi Masjid Istiqlal. (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menginginkan Masjid Istiqlal ramah terhadap segala pendatang, baik muslim maupun nonmuslim. Sejak dulu Masjid Istiqlal kerap menerima pengunjung nonmuslim, beberapa di antaranya adalah tokoh dunia.

Pernyataan Puan itu disampaikan dalam acara Gerakan Nasional Mengisi Masjid dengan 1 Juta Sajadah di Jakarta yang dihelat Kamis (11/3/2021) kemarin.

"Tidak hanya umat Islam saja yang boleh datang ke Istiqlal. Semua umat beragama harus boleh datang ke Istiqlal untuk melihat bahwa Indonesia punya masjid Indah dan terisi dengan kajian Islam yang moderat," kata Puan seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (12/3).

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan Istiqlal sudah menjadi tempat wisata mancanegara sekaligus ruang studi untuk turis nonmuslim dalam mempelajari sejarah dan arsitektur masjid sejak 2016.

"Sebenarnya itu sudah terlaksana semenjak saya menjadi imam besar, 2016. Sebelum pandemi, itu ada 300 turis datang dalam sehari. Kami mencontoh Masjid Nabawi di Madinah, kan seperti itu juga," kata Nasaruddin.

Dirangkum detikcom, Jumat (12/3), berikut ini daftar tokoh dunia nonmuslim yang pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal:

1. Bill Clinton

Dikutip dari akun fan page Facebook resmi US Embassy Jakarta, Presiden AS Bill Clinton pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 1994. Clinton saat itu sedang menghadiri pertemuan pemimpin APEC pada 13-16 November 1994 di Bogor.

2. Pangeran Charles

Putra Mahkota Kerajaan Inggris, Pangeran Charles, juga pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 2008.

Pantauan detikcom di lokasi ketika itu, Sabtu (1/11/2008), pukul 15.56 WIB, Pangeran Charles memasuki Istiqlal melewati karpet merah yang dihamparkan di depan pintu Al Fattah.

Charles masuk ke masjid dengan melepas sepatu dan hanya menggunakan kaos kaki warna hitam. Dia saat itu langsung menuju lantai 2 Masjid Istiqlal, Jakarta.

Lihat juga video 'Jokowi Persilakan Warga Berkegiatan di Istiqlal, Asalkan...':

[Gambas:Video 20detik]