Sederet Kasus 'Serial Killer' yang Bikin Geger RI, Terbaru Rian Asal Bogor

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 09:47 WIB
Close up of Hand with knife following young terrified man ,Bandit is holding a knife in hand. Threat Concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/chingyunsong
Jakarta -

Kasus pembunuhan berantai atau serial killer kembali bikin geger Tanah Air. Baru-baru ini kasus pembunuhan berantai terjadi di Bogor, Jawa Barat.

Pembunuhan berantai itu awalnya diketahui karena ditemukan mayat perempuan dalam plastik di kawasan Cilebut, Bogor. Polisi kemudian berhasil menangkap pelaku bernama Rian (21).

Dari penangkapan pelaku terungkap Rian tidak hanya membunuh satu orang. Tapi ada wanita lain yang dibunuh dengan modus yang sama.

Rangkaian 'serial killer' itu bermula saat Rian membunuh Diska. Mayat siswi SMA di Bogor itu ditemukan warga di pinggir Jalan Raya Cilebut, Kota Bogor, Kamis (25/2) pagi. Jasad Diska dimasukkan pelaku ke dalam plastik hitam. Sebelumnya atau Rabu, 24 Februari, Diska diketahui beranjak dari rumahnya. Kepada polisi, Rian mengaku mengeksekusi Diska pada Kamis (25/2) dini hari.

Korban kedua adalah Elysa Lisnawati (23). Jenazah ibu satu anak tersebut dibuang Rian di lahan makam keramat Mbah Arya, Megamendung, Bogor. Warga menemukan mayat Elsya terkapar di area makam pada Rabu (10/3) pagi. Korban diketahui pergi meninggalkan rumah sejak Selasa (9/3). Keterangan kepada penyidik, Rian membunuh Elysa pada Selasa (9/3) malam.

Sebelum kasus ini, ada juga beberapa kasus serupa lainnya yang termasuk dalam serial killer. Berikut kasus-kasus serupa yang dihimpun detikcom:

1. Ryan 'Jombang'

Very Idham Henyansyah alias Ryan dari Jombang melakukan pembunuhan berantai atas kasus 11 korban. Ryan bahkan dijuluki sebagai The Smiling Killer.

Selain korbannya yang cukup banyak, yakni 11 orang, Ryan tega memutilasi korban terakhirnya, Heri Santoso, yang dibuang di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Ryan membunuh Heri di Margonda Garden Residence, kamar 309, Jalan Margonda Raya, Depok, pada 2008. Ryan tega membunuh Heri karena cemburu.

Polisi kemudian membawa Ryan ke rumahnya di Jombang. Terungkap ada mayat Aril yang ditanam di belakang rumah.

Polisi curiga korban Ryan bukan cuma Heri dan Aril. Ryan terus diperiksa intensif. Hingga akhirnya diketahui ada 10 jasad korban pembunuhan Ryan yang ditanamnya di belakang rumahnya. Total Ryan menghabisi 11 orang.

2. Baekuni alias Babeh

Babe terbukti membunuh 14 pengamen jalanan, empat korban di antaranya dimutilasi secara sadis. Di persidangan, terdakwa mengakui perbuatan pembunuhan yang dilakukan dalam kurun waktu yang berkelanjutan.

Pada 6 Oktober 2010, Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada Babe. Hukuman ini di bawah tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut hukuman mati. Jaksa pun banding dan dikabulkan. Hukuman mati ini dikuatkan oleh MA dan telah berkekuatan hukum tetap.

Simak kasus pembunuhan berantai lainnya di halaman berikut,

Saksikan video 'Horor Aktor 'Serial Killer' di Bogor Habisi Nyawa 2 Wanita':

[Gambas:Video 20detik]