Kubu Moeldoko Kini Akui Belum Daftarkan Hasil KLB Demokrat ke Kemenkumham

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 18:26 WIB
Kubu KLB Demokrat Deli Serdang, Sumut, menggelar konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3/2021). Mereka menyuarakan adanya sejumlah pelanggaran perihal Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) versi tahun 2020. Jumpa pers dihadiri Soflawati Mosaid, Darmizal, Jhonny Allen, dan Ahmad Yahya.
Politikus Partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Panitia OC KLB Demokrat Deli Serdang, Ilal Ferhard, sempat mengatakan kubu KLB Demokrat sudah mendaftarkan hasil KLB ke Kemenkumham. Namun Menkumham Yasonna Laoly mengaku belum menerima.

Sekjen Partai Demokrat (PD) Kubu KLB Deli Serdang Jhoni Allen Marbun pun bicara mengenai klaim Ilal itu. Dia mengakui belum melaporkan dan akan sesegera mungkin mendaftarkan ke Kemenkumham.

"Sesegera mungkin. Tidak perlu buru-buru, bahkan tidak perlu demo-demo," tutur Jhoni dalam konferensi pers yang digelar di Jalan Terusan Lembang D54, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3/2021).

Jhoni mengungkapkan pihaknya tengah melengkapi dokumentasi kegiatan KLB Deli Serdang. Saat ini, dikatakannya, kubu KLB masih mengumpulkan foto-foto kegiatan dari tim dokumentasi acara.

"Terus terang saja, dokumentasi. Karena saya pikir dokumentasi itu tadinya cukup dengan kita memanggil dokumenter bahwa acara itu betul," ucapnya.

"Ah, itu memang sedikit kita lengah, karena memang tidak ada niat yang lain-lainnya, ya namanya dokumentasi saja. Karena kemarin itu kita tidak terpikir untuk mendokumentasikan itu," dia menambahkan.

Mengenai ucapan Ilal, Jhoni mengatakan rekan-rekannya kadang terlalu semangat. "Ya begini, ini kan saudara-saudara saya ini kan saking semangatnya, ha-ha-ha.... Saking semangatnya, terlalu semangat, ya nggak apa-apa juga," ujarnya.

Saat jumpa pers itu, kubu Moeldoko juga menghadirkan seseorang yang disebut sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, bernama Ajrin Duila. Ajrin mengaku dipecat setelah mendukung KLB di Sumut.

"Yang berikut, hari ini kami pemegang hak suara dinyatakan dipecat walaupun faktanya kami belum menerima SK-nya. Tetapi saya bangga ketika saya dipecat karena saya berada di barisan revolusi untuk PD lebih baik ke depannya," tutur dia.

Dia lalu memaparkan sederet kritik ke pengurus Demokrat sekarang, salah satunya soal AD/ART. Menurutnya, hak-hak kader tidak dimasukkan.

Sebelumnya, Partai Demokrat memecat sejumlah ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Demokrat yang terlibat acara yang diklaim KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumut. Acara KLB Demokrat itu digelar kubu Jhoni Allen cs pada Jumat (5/3).

Beberapa hari setelah KLB digelar, kubu yang memenangkan Kepala KSP Moeldoko sebagai Ketum PD mengaku sudah menyerahkan berkas pendaftaran ke Kemenkumham. Penyerahan berkas pendaftaran hasil KLB itu diklaim telah dilakukan pada Selasa (9/3/2021) siang.

"Tim kami, formatur bagian hukum. Kami tadi mengecek tapi baru diterima, saya tunggu satu-dua hari mengenai hasil laporan kita tadi ke Kemenkumham," kata panitia OC KLB Demokrat Deli Serdang Ilal Ferhard saat jumpa pers di Jakarta Selatan, Selasa (9/3).

Penyerahan berkas ke Kemenkumham tersebut juga dibenarkan oleh Ketua Badan Komunikasi PD versi KLB Razman Arif Nasution. Namun Razman mengaku tidak ikut menyerahkan.

"Pukul 2 (siang). Saya tadi tidak ikut karena saya lagi memverifikasi yang lain-lain tadi," ujarnya.

Namun, pada hari yang sama, malam harinya, Menkumham Yasonna H Laoly mengaku belum menerima berkas yang diserahkan kubu KLB.

"Belum, belum saya terima," kata Yasonna kepada wartawan, Selasa (9/3) pukul 22.42 WIB.

Simak video 'Demokrat Kubu Moeldoko Klaim Sudah Daftarkan Hasil KLB ke Kemenkum HAM':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/imk)