Komnas HAM Usul Ada CCTV di Ruang Pemeriksaan, Begini Praktiknya di Negara Lain

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 15:48 WIB
CCTV system security inside of stationery store.Surveillance camera installed on ceiling to monitor for protection customer in grocery shop
Ilustrasi CCTV (iStock)
Jakarta -

Komnas HAM meminta agar setiap ruang pemeriksaan tahanan dipasangi CCTV agar kasus-kasus penyiksaan seperti yang dialami Herman di Balikpapan tak terulang. Pemasangan CCTV di ruang pemeriksaan telah diterapkan oleh beberapa negara.

Permintaan pemasangan CCTV di ruang pemeriksaan ini muncul setelah Komnas HAM memastikan kasus tewasnya Herman di Balikpapan termasuk kategori pelanggaran HAM.

"Sebenarnya kesimpulan dari Komnas HAM apakah ada pelanggaran HAM ataukah tidak, Pak Kapolda sendiri dengan bahasa pidana biasa ada pelanggaran HAM, makanya ada tindakan status tersangka dan status tahanan, tanpa kami bilang bahwa ini pelanggaran, sudah dinyatakan sendiri pastilah inilah pelanggaran HAM," kata Choirul Anam.

Choirul Anam meminta kepada Polri agar setiap ruang pemeriksaan dipasangi CCTV untuk menghindari kekerasan tersebut terulang lagi. Karena itu, Anam meminta Polri membuat satu prioritas di kepolisian. Salah satunya melengkapi ruang pemeriksaan dengan kamera CCTV.

"Salah satu tindakan yang paling sederhana adalah memasang CCTV di ruang pemeriksaan," kata Anam.

Pemasangan CCTV di ruang pemeriksaan ini telah dilakukan oleh beberapa negara. Berikut ini daftarnya:

Simak video 'Polri soal 6 Polisi Aniaya Herman Hingga Tewas: Karena Hilang Kontrol':

[Gambas:Video 20detik]