Menyimak Lagi Penjelasan daripada Soeharto soal Supersemar yang Misterius

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 14:07 WIB
Tim blak-blakan detikcom berkesempatan mendapatkan wawancara dengan putri sulung almarhum Presiden kedua Indonesia Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau yang biasa mbak Tutut.
Repro foto Soeharto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Usia Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) sudah 55 tahun, namun misteri masih menyelubungi surat itu. Simak lagi penjelasan Presiden ke-2 RI Soeharto semasa hidup soal Supersemar.

Supersemar adalah surat berisi perintah dari Presiden Sukarno kepada Jenderal Soeharto sebagai Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu untuk mengembalikan kondisi keamanan dan ketenangan, juga menjamin keselamatan Presiden.

Kondisi keamanan dan ketenangan pada era '60-an kala itu memang sedang genting. Baru saja ada peristiwa berdarah Gerakan 30 September, PKI menjadi musuh bersama. Soeharto, yang menjabat sebagai Pangkopkamtib dan Panglima Angkatan Darat (Pangad), ingin membubarkan partai politik itu.

Supersemar terbit di pengujung pemerintahan Presiden Sukarno. Setahun kemudian, Soeharto menjadi Presiden. Sekarang, tepat 55 tahun setelah Supersemar terbit, naskah aslinya belum ketemu alias masih misterius.

Penjelasan Soeharto semasa hidup soal Supersemar dimuat dalam video yang diunggah kanal YouTube HM Soeharto, kanal resmi video-video tentang Soeharto, dari situs www.soeharto.co. Founder situs tersebut, Abdul Rohman, mengizinkan detikcom untuk mengutip video ini.

Video tersebut berjudul 'Pak Harto Beberkan Detik-detik Lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret', diunggah kanal HM Soeharto pada 12 Maret 2020. Video ini merupakan rekaman penjelasan Soeharto pada 6 Februari 1994.

Soeharto tampak santai dan banyak senyum ketika menjelaskan soal Supersemar. Berikut penjelasan Soeharto:

Simak juga 'Dok.: Mahfud Md Inginkan Ada Yayasan Beasiswa Seperti Supersemar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3