Filter Kendaraan di Bundaran Senayan, Sejumlah Motor Knalpot Bising Dihalau

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 00:49 WIB
Polda Metro Jaya Lakukan Filtering Kendaraan Berknalpot Bising
Foto: Polda Metro Jaya Lakukan Filtering Kendaraan Berknalpot Bising (Dias/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melaksanakan filter (penyaringan) motor dengan knalpot bising hingga kendaraan yang melakukan aksi konvoi. Razia ini digelar dalam rangka mencegah suara berisik yang mengganggu kenyamanan masyarakat serta kerumunan tongkrongan pemotor di malam hari.

Pantauan detikcom, Rabu (10/3/2021), filtering kendaraan dimulai pada pukul 22.08 WIB di salah satu titik, yakni Bundaran Senayan. Terlihat Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo hadir di lokasi.

Sambodo tampak memimpin personelnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Dirinya terlihat sibuk sambil memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan penyekatan berupa barrier oranye di jalan dari Bundaran Senayan menuju Bundaran HI.

Setelah itu, beberapa pemotor yang menggunakan knalpot berisik ditindak. Suara yang dihasilkan oleh motor tersebut dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat.

Namun, tidak semua pemotor dengan knalpot bising berhasil ditindak. Tidak sedikit dari mereka yang berhasil lolos dari halauan polisi.

Jika berhasil dihalau, pemotor akan diarahkan untuk menepi ke pinggir jalan. Sambodo tampak menggeber gas motor tersebut untuk menilai apakah knalpot yang digunakan sesuai standar atau tidak.

Tidak hanya itu, Ditlantas turut melakukan penilangan terhadap pengendara yang tidak mengenakan helm. Sambodo mengatakan kendaraan bermotor yang memiliki knalpot bising dapat menimbulkan polusi suara.

"Ada beberapa kendaraan bermotor yang knalpot bising sehingga menimbulkan polusi suara," ujar Sambodo melalui pesan singkat.

Meski begitu, sekitar pukul 22.31 WIB, hujan mulai mengguyur kawasan Jakarta. Alhasil, Sambodo beserta jajarannya harus berteduh terlebih dahulu sehingga razia ditunda walaupun sebelumnya mereka tetap melaksanakan kegiatan dengan jas hujan.

Hingga berita ini ditayangkan, tidak terlihat adanya polisi yang menghalau pemotor dengan knalpot bising meskipun hujan sudah reda. Mereka dengan bebas masuk ke Jalan Sudirman.

Diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya malam ini melakukan filter (penyaringan) motor berknalpot bising hingga konvoi kendaraan. Razia tidak hanya dilakukan di kawasan Monas, tetapi hingga ke ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

"Dari yang tadinya (hanya dilakukan di) kawasan Monas, sekarang jadi (ke) kawasan Sudirman-Thamrin," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam apel pasukan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/3).

Adapun, titik-titik filter kendaraan yakni Bundaran CSW, perempatan dekat Mabes Polri, Bunderan Senayan, Semanggi, Patung Kuda, Harmoni, Jalan Veteran. Titik-titik ini sama persis dengan titik-titik pengamanan saat pelaksanaan crowd free night pada saat pengamanan malam tahun baru.

"Hanya saja bedanya, kalau malam tahun baru ditutup total, malam ini kita melaksanakan filterisasi," kata Sambodo.

(mea/mei)