Simak! Titik-titik Filter Kendaraan Knalpot Bising di Sudirman-Thamrin

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 22:07 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pimpin apel razia knalpot bising.
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya malam ini melakukan filter (penyaringan) motor berknalpot bising hingga konvoi kendaraan. Razia tidak hanya dilakukan di kawasan Monas, tetapi hingga ke ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

"Dari yang tadinya (hanya dilakukan di) kawasan Monas, sekarang jadi (ke) kawasan Sudirman-Thamrin," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam apel pasukan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Adapun, titik-titik filter kendaraan yakni Bundaran CSW, perempatan dekat Mabes Polri, Bunderan Senayan, Semanggi, Patung Kuda, Harmoni, Jalan Veteran. Titik-titik ini sama persis dengan titik-titik pengamanan saat pelaksanaan crowd free night pada saat pengamanan malam tahun baru.

"Hanya saja bedanya, kalau malam tahun baru ditutup total, malam ini kita melaksanakan filterisasi," kata Sambodo.

Sambodo kemudian menjelaskan apa itu filterisasi. Filerisasi ini sendiri dibuat untuk menyaring kendaraan-kendaraan, terutama berknalpot bising dan konvoi kendaraan.

"Nomenklaturnya, tajuknya, kita melaksanakan filterisasi terhadap adanya polusi suara. Polusi suara yang mengganggu kenyamanan masyarakat berkendara maupun masyarakat yang ada di pinggir jalan, serta perilaku berkendara yang berisiko. Apa itu antara lain konvoi, nongkrong, balap liar, atau kebut-kebutan dan sebagainya," jelasnya.

Sambodo juga menjelaskan mengapa dilakukan filterisasi, alih-alih melakukan penutupan jalan.

"Kenapa namanya filterisasi, bukan penutupan? Karena jalan-jalan, titik-titik yang kalian tempati tidak ditutup, tapi difilter. Kalau kendaraan baik-baik saja, knalpotnya biasa saja, jalannya tidak konvoi, atau dia kendaraan roda empat yang wajar-wajar saja ya persilakan lewat," kata Sambodo saat memberi arahan ke pasukannya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya memberlakukan filter kendaraan tiap weekend di kawasan Monas. Kemudian filter kendaraan diperluas ke Sudirman-Thamrin.

Tadinya, perluasan ini bakal diberlakukan mulai akhir pekan ini. Namun, berhubung malam ini jelang long weekend, sehingga polisi melakukan razian malam ini untuk mengantisipasi para pembalap liar.

(mei/mea)