Irjen Fadil Imran ke Pemilik Ladang Ganja: Jangan Sia-siakan Masa Depan!

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 11:52 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberi nasihat ke pemilik ladang ganja 114,5 ton. Foto dikirim Humas Polres Jakbar.
Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberi nasihat ke pemilik ladang ganja 114,5 ton. (Dok.istimewa)
Jakarta -

Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap jaringan pengedar 144,5 ton ganja. Dalam kasus ini, total ada 9 tersangka ditangkap, termasuk tersangka ZF alias ZR (28) yang merupakan pemilik ladang ganja seluas 12 Ha di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan jumpa pers di Polres Jakarta Barat, Selasa (9/3/2021), Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sempat memberi pesan kepada tersangka ZR. Fadil Imran berpesan agar pelaku tidak menyia-nyaiakan masa muda.

"Saya titip pesan ya, Anda jangan menyia-nyiakan masa mudanya," ujar Fadil Imran.

Seharusnya anak muda bisa memanfaatkan masa mudanya dengan baik, bukan malah mengedarkan narkotika. Dengan terjun ke jaringan narkoba akan merusak masa depan generasi penerus bangsa.

"Dengan mengedarkan narkotika, masa depan yang cerah menjadi kelabu. Karena harus menghadapi resiko untuk sidang dan divonis," imbuh Fadil.

Seperti diketahui Polres Metro Jakarta Barat mengungkap jaringan pengedar ganja. Dalam kasus ini, Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat menyita 114,5 ton ganja dari ladang seluas 12 Ha di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Dalam kasus ini Polres Jakbar menangkap 9 tersangka. Para tersangka ini terdiri dari pemilik ladang ganja, pengedar hingga kurir.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengatakan kasus ini merupakan pengembangan dari bandar narkoba yang sudah divonis 15 tahun penjara di PN Jakarta Barat.

"Kasus ini bermula dari pengungkapan pengedar ganja atas nama saudara Andri Hidayat pada sekitar bulan Juli tahun 2020 dan terhadap tersangka sudah dihukum Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan vonis 15 tahun penjara," kata Fadil.

Kemudian, tim dari Polres Metro Jakarta Barat tidak berhenti di situ saja. Kepolisian terus melakukan pengembangan sehingga saat ini berhasil mengamankan 9 tersangka.

"Sehingga secara berturut-turut mulai Juli 2020 hingga Februari 2021 tim Satnarkoba Polres Metro Jakbar berhasil amankan 9 orang tersangka," ungkap Fadil.

Tidak hanya itu, Satnarkoba Polres Jakarta Barat juga membongkar ladang ganja di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"Tim kemudian cari sumber sampai lokasi ladang ganja. Sehingga secara berturut-turut mulai Juli 2020 hingga Februari 2021 tim Satnarkoba Polres Metro Jakbar berhasil amankan 9 orang tersangka dan secara berjenjang mulai dari pengedar di lapangan, bandar, kurir yang membawa dari Pulau Sumatera, sopir dan kemudian ladang ganja," paparnya.

Lihat video 'Polisi Jambi Amankan 2 Hektare Ladang Ganja di Kebun Kopi':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)