detikcom Do Your Magic

Proyek Cegah Banjir di Jl RE Martadinata Ancol Terkendala Hujan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 14:38 WIB
Pembangunan saluran kolam olakan di Jl Martadinata Ancol, Jakarta Utara. Genangan Masih terjadi meski sedikit.
Pembangunan saluran kolam olakan di Jl Martadinata Ancol, Jakarta Utara. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Proyek kolam olakan dan saluran di Jalan RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara, untuk mengatasi banjir terkendala hujan. Jika hujan datang, para pekerja tidak bisa melanjutkan proyek tersebut.

"Belum (selesai), terkendala dengan hujan," ucap Kepala Satuan Pelaksana SDA Pademangan Slamet Riyanto saat dihubungi, Kamis (17/2/2021).

Menurut Slamet, proyek pekerjaan sudah berjalan 60 persen. Pekerjaan bisa selesai sekitar dua pekan jika kondisi di Ancol cerah.

"Kalau terang (bisa selesai). Mungkin, nanti bulan Maret baru mulai terang. Nanti kita kebut," katanya.

Meski proyek belum selesai sepenuhnya, bagi Slamet, sudah ada perbaikan kondisi di lokasi. Menurutnya, sudah tidak lagi ada genangan karena luapan Kali Ancol di tengah Jalan RE Martadinata dan Jalan Lodan Raya.

"Tapi selama ini, alhamdulillah, genangan bisa diatasi," katanya.

Seperti diketahui, Jalan RE Martadinata sering jadi langganan banjir atau genangan. Banjir disebabkan naiknya Kali Ancol karena rob ataupun karena curah hujan yang tinggi.

Sebelum ada proyek penambalan jembatan, kolam olakan, dan saluran, genangan bisa terjadi dari pagi hingga sore hari. Setelah ada upaya perbaikan, genangan tidak sampai menutup seluruh jalan.

"Selama dibenerin ya nggak banjir, sebelum dibenerin banjir sampai sini (menutup jalan)," kata warga sekitar lokasi, Neneng Srimulyani, saat ditemui di lokasi, Rabu (3/2).

(aik/dnu)