Melawan Polisi, Pencuri Spesialis Rumah Mewah di Tangsel Didor

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 23:32 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah
Foto ilustrasi pencurian di rumah kosong. (Edi Wahyono/detikcom)
Tangerang Selatan -

Polisi menangkap EC (52), pelaku pencurian spesialis rumah kosong di kawasan perumahan mewah di Serpong, Tangerang Selatan. Pelaku sempat melakukan perlawanan saat ditangkap sehingga ditembak polisi.

Kanit Reskrim Polsek Serpong Iptu Lutfi Hayata mengatakan pelaku melakukan aksinya bersama seorang temannya. EC dan temannya itu sudah 5 kali melakukan aksi pencurian di rumah kosong

"Beberapa TKP-lah, di kita kurang-lebih ada 5 TKP, di daerah Serpong. Ada yang mewah, ada yang semimewah," ujar Lutfi saat dihubungi detikcom, Selasa (9/3/2021).

Lutfi menyampaikan EC ditangkap saat sedang melakukan aksinya di kompleks perumahan mewah di Serpong, Tangsel, pada Minggu (21/3/2021) sekira pukul 12.00 WIB. Saat itu, polisi yang sedang melakukan observasi melihat pelaku dengan gerak-gerik mencurigakan.

"Jadi pada saat anggota melintas di depan rumah korban ngeliat satu orang lagi di atas motor celingak-celinguk, begitu dideketin ternyata ada yang ketinggalan satu," ucapnya.

Kata Lutfi, pelaku yang tertinggal tersebut adalah EC. Saat itu, EC yang melihat petugas kepolisian langsung mencoba kabur dengan meloncati tembok rumah.

"Pas mau dikejar karena lari terus kita kasih tembakan peringatan, masih tetap lari akhirnya diberi kakinya dengan tindakan tegas terukur," kata dia.

Saat ini, polisi pun masih mengejar rekan EC yang berhasil melarikan diri. Lutfi menuturkan, pihaknya telah mengantongi identitas pelaku tersebut.

Sementara dari pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa sejumlah jam tangan mewah, handphone, dan motor. EC dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

(mea/mea)