Bobol Sekolah di Sidrap, Firman Ditangkap Saat Hura-hura di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 16:28 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah
Foto Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Sidrap -

Pemuda bernama Firman (25) di Sidrap, Sulawesi Selatan, ditangkap polisi atas aksi pencurian di salah satu sekolah. Firman ditangkap saat memakai uang hasil kejahatannya untuk hura-hura di Makassar.

"Pelaku ditangkap di Kota Makassar," kata Kapolsek Panca Rijang, Sidrap, AKP Ahmad Rosma kepada detikcom, Selasa (9/3/2021).

Firman diringkus polisi di Kota Makassar pada Senin (8/3), pukul 16.00 Wita. AKP Rosma mengatakan pelaku ditangkap atas sejumlah aksi pembobolan rumah warga dan sekolah di Sidrap.

"Memang suka membobol di sekolah-sekolah atau di rumah warga. Setidaknya sudah 5 kali dia beraksi, hobi memang," kata AKP Rosma.

"Kemudian pada tahun 2018, pelaku sempat ditahan selama 10 bulan. Itu kasus pencurian juga," sambung Rosma.

Untuk aksinya yang terbaru, Firman disebut membobol SMK 1 Rappang pada Sabtu (6/3) dini hari. Pelaku menggondol peralatan kantor sekolah.

"Yang dicuri peralatan kantor dan elektronik berupa proyektor, laptop, kipas angin dan elektronik lainnya. Kerugian sekolah Rp 13 juta," kata Rosma.

AKP Rosma mengatakan pelaku memang sengaja ke Makassar untuk hura-hura dari uang hasil kejahatannya.

"Jadi uang hasil kejahatannya dipakai pelaku rental mobil ke Makassar. Dipakai juga main perempuan, dipakai hura-hura," jelas Rosma.

Kini, pelaku dan sejumlah uang tunai sisa hasil kejahatannya diamankan ke Polsek Panca Rijang, Sidrap, untuk proses hukum lebih lanjut.

Tonton juga Video: Heroik! Penjaga Bank Gagalkan Pembobolan ATM dengan Tangan Kosong

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)