detikcom Do Your Magic

Bina Marga DKI: Pelebaran Jl Moh Kahfi 1 Jaksel Bukan Hal Mudah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 13:03 WIB
Potret Kemacetan Gegara Putar Balik Jl Moh Kahfi 1 Jagakarsa, 5 Maret 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)
Potret Kemacetan Gegara Putar Balik Jl Moh Kahfi 1 Jagakarsa, 5 Maret 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Dinas Bina Marga DKI Jakarta diminta untuk melebarkan Jl Moh Kahfi I yang sering macet. Menurut Bina Marga, sampai saat ini belum ada laporan permintaan pelebaran jalan.

"Belum ada data mengenai permintaan tersebut, tapi akan kami cek," ucap Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo saat dihubungi, Selasa (9/3/2021).

Menurut Heru, melebarkan Jalan Moh Kahfi bukanlah pekerjaan mudah. Diharapkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan penanganan lain untuk mengurai kemacetan.

"Pelebaran jalan bukan hal yang mudah karena harus pembebasan lahan. Mengenai kemacetan, mungkin dari Dishub ada kiat-kiat untuk penanganan masalah kemacetan tersebut," ucap Heru.

Kemudian, Heru meminta ada komunikasi dari Dishub kepada pihak pengelola Tol Depok-Antasari (Desari) yang memiliki akses tol di Jl Brigif. "Kemacetan ini juga dampak dari adanya akses ke tol. Mungkin Dishub bisa koordinasi juga ke pihak tol untuk penanganan kemacetannya," katanya.

Seperti diketahui, Jl Moh Kahfi I kerap macet di waktu-waktu sibuk. Jalanan yang juga menjadi akses ke Pintu Tol Brigif itu sempit. Pihak Kecamatan Jagakarsa berharap ada pelebaran jalan di jalur itu.

"Harus lebar, sampai pertigaan itu lebar, insyaallah ini bakal lancar. Nanti kita akan bikin usulan ulang ke Bina Marga (Provinsi) agar dilebarkan. Kalau nggak dilebarkan, masih macet dan macet. Kalau petugas kan terbatas," ucap Camat Jagakarsa, Alamsyah, saat dihubungi Senin (8/3).

Pagi ini, kemacetan tidak terlalu tampak di Jl Moh Kahfi I. Dengan diatur oleh petugas Dinas Perhubungan di pagi hari, kepadatan terjadi sesekali saat ada mobil yang berputar balik.

(aik/imk)