detikcom Do Your Magic

Diatur Petugas Dishub, Jl Moh Kahfi I Sesekali Tersendat di Putar Balik

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 10:20 WIB
Suasana Jl Moh Kahfi 1, Jagakarsa,  yang diatur oleh petugas Dishub
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang sering macet pagi ini terpantau ramai lancar. Sesekali kendaraan tersendat karena harus menunggu kendaraan lain yang berputar balik di dekat pertigaan Jl Warung Silah.

Pantauan detikcom di lokasi pada Selasa (9/3/2021), pukul 09.00 WIB, ada dua petugas Dinas Perhubungan yang sedang mengatur lalu lintas di dekat pertigaan Jl Brigif.

Jalan tersebut memang terpantau padat, pagi ini giliran jalan arah Cipedak-Ciganjur yang terlihat ramai. Sesekali kendaraan tersendat dan membuat penumpukan sekitar 100 meter. Namun sesekali jalan juga terlihat lengang.

Setelah petugas Dishub meninggalkan lokasi, datang 'Pak Ogah' yang mengatur lalu lintas dan membantu kendaraan yang ingin putar balik. Mereka terlihat sibuk memperhatikan mana yang harus diprioritaskan antara yang putar balik atau yang ingin berjalan lurus.

Kondisi lalu lintas saat dijaga oleh Pak Ogah, tidak berbeda saat petugas dari Dishub mengatur di lokasi.

Menurut salah seorang warga, kondisi pagi tadi tidak jauh berbeda. Kendaraan hanya lebih ramai namun kemacetan tidak memanjang seperti pagi-pagi biasanya. Menurutnya, polisi tadi pagi juga hadir untuk membantu pengaturan lalu lintas.

Hingga kini, Dishub masih memikirkan solusi terkait kemacetan yang berada di lokasi tersebut. Mencoba membuat inovasi bahkan jalan alternatif sempat disebut sebagai solusi.

"Adapun dengan putaran balik itu pun menjadi PR kita bersama, khususnya Dishub sendiri untuk menciptakan alternatif itu sendiri bagaimana, inovasinya bagaimana. Tapi tetap kebijakan semua itu ada di beberapa pihak," kata Pejabat Pusat Informasi Data Satpelhub Jagakarsa Bayu Kuswara di kantornya Jl Sirsak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (8/3) kemarin.

Simak juga 'Lewati Jl Raya Industri di Kabupaten Bekasi Serasa Offroad':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/aik)