Vaksinasi COVID untuk Lansia Digelar di Lippo Mall Puri, Dijaga Polisi

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 11:00 WIB
Vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Lippo Mall Puri Kembangan, Jakbar.
Vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Lippo Mall Puri Kembangan, Jakbar. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 untuk para lanjut usia (lansia) digelar di Lippo Mall Puri Kembangan, Jakarta Barat. Sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Kembangan mengamankan jalannya vaksinasi lansia ini.

Pantauan detikcom, Selasa (9/3/2021), pukul 10.32 WIB, sejumlah lansia yang sudah mengantre untuk vaksinasi COVID-19. Terlihat antrean untuk vaksinasi ini cukup teratur.

Para lansia yang ingin melakukan vaksinasi ini harus mengambil nomor antrean terlebih dahulu dan menunjukkan bukti daftar vaksinasi. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta vaksinasi, mulai dari registrasi, screening, vaksinasi, observasi dan mini-ICU.

Kapolsek Kembangan Kompol M Khairi memantau jalannya vaksinasi lansia ini. Dia mengatakan dalam pengamanan kali ini dikerahkan 27 personel hingga acara vaksinasi selesai.

"Dari kepolisian dari Polres sama dari Polsek Kembangan sekitar 27 orang untuk pengamanan hari ini," ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Lippo Mall Puri Kembangan, Jakbar.Kapolsek Kembangan Kompol M Khoiri (Karin/detikcom)

Dia mengatakan hari ini terdapat sekitar 500 lansia yang akan divaksinasi hari ini. Lansia yang jalani vaksinasi di Lippo Mall Puri kali ini dikhususkan untuk warga yang berdomisili di wilayah Jakarta Barat.

"Insyaallah rencana sekitar 500 lansia sampai jam 3 sore. Ini khususnya memang lansia yang masih di wilayah Jakarta Barat. Kemudian nanti dilihat perkembangan dengan Dinkes dan RS Siloam juga perkembangan berikutnya seperti apa mudah-mudahan tetap kondusif," kata Khoiri.

Kemudian, pengamanannya dari pihak kepolisian sudah mengatur tempat pelaksanaan vaksinasi. Pelaksanaan ini juga akan dibagi waktu pelaksanaannya agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Jadi per jam mungkin 80 hingga 100 orang. Kemudian setelah tempatnya juga memungkinkan baru yang lainnya juga masuk. Terus gimana yang lain kalau pada dateng, ya mungkin mereka nyari-nyari tempat yang kosong," jelasnya.

"Yang jelas kita bagi tim, sudah bentuk teman-teman sampai selesai tentunya. Kita harapkan dari acara ini dari awal sampai selesai tetap berjalan kondusif," tutupnya.

Simak video 'Layanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru untuk Lansia Resmi Beroperasi':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)