Sidang Lanjutan Kasus Berita Bohong Jumhur Hidayat Hari Ini Ditunda

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 17:54 WIB
Sidang Jumhur Hidayat kasus penyebaran berita bohong di PN Jaksel, Senin (8/3/2021).
Sidang Jumhur Hidayat kasus penyebaran berita bohong di PN Jaksel. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong dengan terdakwa Jumhur Hidayat yang dijadwalkan hari ini ditunda. Sidang ditunda karena jaksa penuntut umum (JPU) punya agenda sidang lain.

"Sidang diundur untuk mendengarkan keterangan saksi hari Senin (15/3/2020)," ujar hakim ketua Agus Widodo di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (8/3/2021).

Majelis hakim memutuskan aturan baru. Mulai minggu depan, sidang kasus penyebaran berita bohong digelar dua kali dalam seminggu.

"Kami minta sidang berikutnya seminggu dua kali," ucapnya.

Usai persidangan, salah satu tim kuasa hukum Jumhur, Oky Wiratama, mengatakan, apabila sidang dipaksakan untuk menunggu agenda jaksa, bisa dimulai malam hari. Karena itu, pihak Jumhur menilai sidang lebih baik ditunda.

"Kalau baru malam mulai itu tidak efektif, karena agenda hari ini adalah pemeriksaan saksi dari jaksa, takutnya tidak efektif dan sidang ditunda lagi hari Senin pekan depan tanggal 15. Jadi mulai minggu depan sidangnya dua kali, Senin dan Kamis," sebut Oky.

Diketahui, Jumhur Hidayat didakwa menyebarkan berita bohong terkait omnibus law UU Cipta Kerja. Petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu didakwa dengan Pasal 14 ayat 1 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Selain itu, Jumhur didakwa menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian antarkelompok.

(man/zak)