Ini Dalih Penumpang Buka Jendela Darurat yang Bikin Wings Air Telat Terbang

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 17:36 WIB
Sejumlah penumpang bersiap menaiki pesawat Wings Air di Bandara Udara Internasional Juwata Tarakan menuju Bandar Udara Nunukan Kalimantan Utara, Sabtu (5/10). Untuk mencapai pulau perbatasan Nunukan dari Tarakan ada dua jalan akses yaitu melalui Udara dan melalui laut. Untuk menuju Nunukan dari Tarakan dapat ditempuh sekitar 30 menit. Sedangkan perjalanan melalui jalur laut dapat ditempuh menjadi 2,5 jam via speed boat. tiket pesawat mencapai Rp. 300.000 dan tiket speedboat mencapai Rp. 200.000
Ilustrasi pesawat Wings Air. (Pradita Utama/detikcom)
Medan -

Seorang penumpang pesawat Wings Air IW-1248 bikin heboh setelah membuka jendela darurat saat pesawat hendak berangkat di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Apa alasannya?

Plt Manager Branch Communication and Legal, Bandara Kualanamu, Paulina Simbolon, mengatakan penumpang berinisial HS (29) itu mengaku tidak tahu dampak jika jendela darurat pesawat dibuka. Hal itu diketahui dari surat pernyataan yang dibuat oleh penumpang itu.

"Dari pernyataan yang dia buat karena yang bersangkutan tidak memahami akibat dari perbuatan yang dilakukan," kata Paulina saat dikonfirmasi, Senin (8/3/2021).

Paulina mengatakan pernyataan tersebut dibuat HS ketika diamankan usai membuka jendela darurat pesawat. Paulina mengatakan penumpang berinisial HS itu sudah dipulangkan untuk sementara waktu.

"Avsec hanya mendampingi penumpang tersebut ke otoritas bandara (otban), lalu arahan dari otban penumpang tersebut semalam dipulangkan sementara dan akan diserahkan ke PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil)," ucapnya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan penumpang itu diberi sanksi tidak ikut diberangkatkan pada penerbangan tersebut.

"Penumpang diserahkan kepada pihak terkait yang berwenang. Penumpang tidak diberangkatkan (offload)," kata Danang.

Peristiwa HS membuka jendela darurat pesawat ini terjadi pada Minggu (7/3) di pesawat Wings Air IW-1248 rute Bandara Kualanamu tujuan Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Sumatera Utara. Akibatnya, semua penumpang diturunkan dan pesawat terlambat terbang.

"Ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, salah satu penumpang laki-laki berinisial HS (29) yang memiliki nomor kursi 3A sesuai lembar masuk pesawat (boarding pass) tiba-tiba membuka jendela darurat (emergency exit window)," kata Danang kepada wartawan, Minggu (7/3).

Danang mengatakan pesawat jenis ATR 72-500 dengan nomor registrasi PK-WFO tersebut seharusnya berangkat pada pukul 08.45 WIB. Ada 44 penumpang serta empat awak yang ada dalam pesawat tersebut.

"Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara," ucapnya.

Simak juga Video: Wings Air Batalkan 2 Rute Penerbangan di NTT

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)