Siapa Ajak Gatot Nurmantyo Kudeta AHY?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 12:24 WIB
Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo menghadiri deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Barat, Senin (7/9/2020). Deklarasi dilaksanakan di sebuah rumah, Kota Bandung, Senin (7/9/2020).
Foto: Gatot Nurmantyo (Yudha Maulana)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengaku pernah diajak menggulingkan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dari pucuk pimpinan Partai Demokrat (PD) lewat kongres luar biasa (KLB). Siapa yang mengajak Gatot?

Rencana menggulingkan AHY disebut sudah bergulir sejak Januari 2021. Dalam dokumen berita acara pemeriksaan Partai Demokrat yang diterima wartawan, terdapat pengakuan salah seorang kader PD di Kalimantan Selatan yang hadir dalam pertemuan di hotel pada 27 Januari 2021.

Kader dimaksud mengaku ada beberapa pengurus PD tingkat cabang di Kalimantan Selatan yang juga ikut dalam pertemuan tersebut. Pertemuannya tak lain membahas rencana penggulingan AHY.

Pengurus partai ini mengaku mulanya diundang ke Jakarta terkait dana bencana oleh Jhoni Allen Marbun. Mereka pun akhirnya bertemu di hotel, di ruangan 2805, yang juga ada mantan bendahara umum Demokrat Nazaruddin di sana.

Jhoni Allen Marbun dan Nazaruddin kemudian meyakinkan para kader Demokrat ini bahwa penggulingan AHY adalah cara yang tepat untuk memperbaiki partai.

Kembali ke Gatot. Gatot mengaku juga dijelaskan oleh orang yang mengajaknya perihal proses penggulingan AHY melalui KLB.

"Ada juga yang datang kepada saya. Datang, 'Wah menarik juga, gimana prosesnya?' 'Begini Pak nanti kita bikin KLB', 'KLB terus gimana?' 'Nanti dilakukan adalah kita mengganti AHY dulu, mosi tidak percaya, AHY turun'. 'AHY turun baru pemilihan, bapak pasti deh nanti begini-begini'. 'Oh begitu ya?'" kata Gatot kepada detikcom, Senin (8/3/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Jhoni Allen Marbun Jabat Sekjen Partai Demokrat Versi KLB Sumut

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2