Tingkatkan PAD Sumsel, Satgas PBBKB Agendakan Sosialisasi Akhir Maret

Abu Ubaidillah - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 21:18 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Usai dikukuhkan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Satgas Pengawasan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada perairan/laut di wilayah Sumsel telah mengagendakan upaya. Salah satunya dengan memberikan sosialisasi di Pelabuhan Boom dan Dermaga Dishub Kota Palembang.

Rencananya, sosialisasi tersebut akan dilaksanakan pada 29 Maret 2021 mendatang. Selain itu, sosialisasi juga akan dilakukan di perairan Kabupaten Banyuasin pada 5 April 2021 mendatang dengan titik lokasi di Dermaga Dishub Gasing dan Dermaga Dishub Sungsang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Nasrun Umar mengatakan upaya ini dilakukan untuk mengejar optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) 2021. Ini disampaikan Nasrun ketika memimpin rapat Pembahasan Rencana Aksi Satgas PBBKB pada perairan/laut di wilayah Sumsel, di ruang rapat Bina Praja Kantor Gubernur Palembang.

"PAD berikan kontribusi yang besar dalam pembangunan di Sumsel, kita optimis dapat memberikan pemasukan ke PAD Sumsel melalui Satgas PBBKB," ucap Nasrun dalam keterangannya, Minggu (7/3/2021).

Ia menyebut Satgas PBBKB yang beranggotakan polisi perairan dan udara (Polairud), pangkalan TNI angkatan laut (Lanal), kantor syahbandar, dan otoritas pelabuhan (KSOP), dishub provinsi, Pol PP, dan OPD terkait tersebut akan mampu bekerja dengan penuh integritas guna optimalisasi PAD Sumatera Selatan.

"Tahap awal kita sosialisasi dengan rancangan kegiatan meliputi monitoring dan pemeriksaan terhadap dokumen kapal atau tanker di bunker BBM yang beroperasi di wilayah perairan Sumsel. Selanjutnya kita langsung akan menggelar patroli rutin terhadap kapal baik yang sandar di dermaga maupun yang sedang melintas," jelas Nasrun.

Ia mengatakan dalam aksi nantinya, selain sosialisasi juga dilakukan pemeriksaan legalitas dokumen surat-surat kapal, pemeriksaan legalitas dokumen pembelian BBM, baik yang akan digunakan atau yang akan diperjualbelikan. Karena ini untuk kepentingan bersama maka saya minta semua tim satgas dapat melakukan koordinasi dengan baik," imbuhnya.

Untuk kelancaran tugas Satgas PBBKB, Nasrun menyebut pihaknya akan membentuk posko utama PBBKB dan posko pembantu di 4 Kabupaten/kota. Adapun posko utama di kantor Bapenda Provinsi Sumsel, sedangkan 4 posko pembantu masing-masing di kantor Dishub Kota Palembang, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir. Sementara posko pembantu di Kabupaten Banyuasin terletak di Dermaga Gasing.

(akn/ega)