Tak Kantongi Izin, Pesta Pernikahan Warga di Jaktim Dibubarkan Aparat

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 20:22 WIB
Two couple have bouquet at the sunset beach
Ilustrasi (Foto: Getty Images/kyonntra)
Jakarta -

Aparat gabungan mulai dari polisi, TNI, hingga Satpol PP membubarkan pesta pernikahan warga di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal itu diambil usai pihak tuan rumah tidak mengantongi izin dari kepolisian mengadakan resepsi.

"Kita selama pandemi belum mengeluarkan izin untuk keramaian atau nikahan seperti ini. Apalagi ini tidak sesuai dengan protokol kesehatan jadi mau tidak mau kita imbau untuk kemudian kita bubarkan," kata Kapolsek Duren Sawit Kompol Rensa Sastika Aktadivia saat dihubungi detikcom, Minggu (7/3/2021).

Pesta pernikahan itu terjadi di RW 3 Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu (6/3) kemarin. Rensa mengatakan pesta pernikahan tersebut digelar di sebuah rumah pribadi mempelai.

Saat petugas melakukan pengecekan, kondisi pesta pernikahan itu diketahui mengabaikan sejumlah aturan protokol kesehatan. Rensa menyebut anjuran jaga jarak dan memakai masker tidak diindahkan di acara tersebut.

"Nggak sesuai dengan protokol kesehatan mulai dari jaga jarak, tidak pakai masker sebagian dan acara nikahan bukan di gedung yang kalau di hotel sudah jelas protokol kesehatannya, misalnya kapasitas 1.000 jadi 250," terang Rensa.

"Kalau ini rumahnya segitu tapi pasang tenda, makan jalan dan kemudian tamu masuk semua. Dikhawatirkan ada penyebaran COVID-19 di situ," sambungnya.

Usai menemui penyelenggara acara dan memberikan imbauan, petugas pun meminta pesta pernikahan tersebut dihentikan. Para tamu diminta untuk segera membubarkan diri.

Rensa menambahkan, pihak penyelenggara acara bersikap kooperatif dan mengakui kesalahannya. Dia menyebut tidak ada perlawanan dari keluarga penyelenggara saat petugas membubarkan tenda pesta pernikahan.

"Mereka kooperatif setelah diberi tahu kesalahannya, mereka koperatif dan dibongkar tendanya tidak melakukan perlawanan," pungkas Rensa.

Simak juga Video: Hajatan Warga di Boyolali Dibubarkan Saat 'Jateng di Rumah Saja'

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/lir)