3 Penghuni Kos di Majene Jatuh ke Jurang Saat Tanah Longsor, 1 Orang Tewas

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 18:22 WIB
Longsor di Majene.
Foto: Abdy Febriady/detikcom
Majene - Tanah sebuah rumah kos di Majene, Sulawesi Bawat mengalami longsor. Akibatnya tiga orang penghuni kos jatuh ke jurang setinggi 30 meter.

Peristiwa ini terjadi Minggu (7/3/2021), sekitar pukul 09.30 Wita. Korban jatuh setelah bagian lantai balkon rumah kos yang posisinya di pinggiran tebing longsong.

Tiga orang yang menjadi korban yakni A (26), IN (20), dan IS (25). A meninggal dunia dalam peristiwa ini.

Salah seorang saksi Ahmad Resi mengungkapkan kronologi kejadian tersebut. Diceritakan, dia bersama korban dan penghuni rumah kos lainnya mencoba menyingkirkan air yang menggenangi rumah kost tersebut.

"Jadi kronologisnya sekitar jam delapan hujan deras, sekitar jam 9 kami mencoba buang air dari kos ke tebing. Saya dan rekan-rekan mencoba, agar air cepat hilang kami mencoba hancurkan tembok dan berhasil," kata Resi kepada wartawan, Minggu sore (07/03/2021).

Menurut Resi, saat lantai balkon bagian belakang rumah kos amblas, ada empat penghuni rumah kos yang terjatuh. Namun satu di antaranya sempat bergelantung pada sepotong besi.

"Setelah saya mencoba melakukan hal lain, saya masuk ke kamar dulu sebelum itu, tiba-tiba hancurlah tembok balkonnya, seharusnya ada empat orang yang jatuh, satu di antaranya selamat karena dia memegang besi, setelah saya lihat saya tolong. Untuk tiga orangnya lagi, jatuh ke bawah," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Relawan Siaga 86 Majene, Aslan mengungkapkan satu orang tewas. Sementara dua orang lainnya luka.

"Korban meninggal dunia satu orang, dua lainnya dua luka-luka. Kondisi yang dua dirawat patah," ujar Aslan di lokasi terpisah.

Aslan menyebut korban A tidak tertolong lantaran tubuhnya terjepit batu saat tenggelam dalam genangan air selama lebih kurang 30 menit.

"Sementara yang meninggal ini terjepit batu, tenggelam dalam genangan. Kendala yang dihadapi karena kesulitan mengangkat batu yang menghimpit korban, jadi dilakukan secara manual," ujarnya.

Saat ini kedua korban selamat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Majene. Sementara jenazah A dievakuasi Relawan Siaga 86 Majene menuju rumah duka di Kabupaten Mamuju.

Simak juga Video: Tebing 4 Meter Longsor, Timpa Rumah Warga di Tulungagung

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)