Tembok Penahan Tanah di Desa Sukajadi Soreang Longsor Tutup Sebagian Jalan

Muhammad Iqbal - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 19:57 WIB
TPT di desa sukajadi soreang longsor 6 maret 2021
Foto: Dokumen Polres Soreang
Kabupaten Bandung -

Tembok Penahan Tanah (TPT) Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung longsor. Tembok setinggi enam meter itu ambrol disebabkan usianya yang telah usang dan diperparah dengan curah hujan yang tinggi.

Camat Soreang Rusli Baijuri mengatakan longsor terjadi pukul 16.00 WIB, Sabtu (6/3/2021). Material longsor sempat menutup sebagian jalan akses utama dari Soreang menuju Ciwidey.

"Jadi jam 16 kami dapat laporan pagar Desa Sukajadi longsor dan menutup sebagian jalan. Tinggi 6 meter. 15 meteran. Dan sempat menutup jalan sepanjang hampir 2 meter," terang Rusli saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/3/2021).

"Sempat macet, namun sekarang sudah dapat dilalui oleh kendaraan," lanjutnya.

Rusli mengatakan, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung. Selain itu, langkah sementara, pihaknya melakukan membersihan material longsor yang berada di jalan.

Ia menyatakan bersama jajaran Polsek Soreang membuat garis pembatas agar warga tidak mendekati lokasi longsor. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan longsor susulan.

"Kami pun bersama-sama melakukan pembersihan material longsor. Selain itu membentangkan garis police line. Untuk mengantisipasi longsor susulan. Di sini kita batasi," ujarnya.

Ia menilai longsor tersebut dikarenakan TPT yang sudah berusia tua. Kondisi tersebut diperparah dengan hujan lebat.

"Menurut saya karena TPT ini ada dua undakan tidak lurus ke atas langsung . Ada yang ke dalam sedikit. Kemudian juga curah hujan dan usianya sudah lama juga," ungkapnya.

Sejauh ini, informasi sementara tidak ada korban jiwa akibat ambrolnya TPT Desa Sukajadi. Sementara itu, ada satu kendaraan yang sempat terkena material longsor namun tidak mengalami kerusakan parah.

Sementara itu Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara menduga longsor terjadi karena sebelumnya tembok tersebut mengalami retakan akibat terjadi gempa yang terasa hingga Kecamatan Soreang pekan lalu

"Longsor TPT Desa Sukajadi dipicu oleh kejadian gempa di Kecamatan Soreang pada Minggu lalu, dan dipicu lagi oleh hujan deras," ungkap Akhmad.

Simak juga 'Longsor di 6 Titik Jalur Selatan Lumajang-Malang, Lalin Lumpuh":

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)