Ketua MPR Sebut Touring Bisa Jadi Salah Satu Cara Menjaga NKRI

Abu Ubaidillah - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 13:34 WIB
Branding 4 Pilar MPR RI & Pelepasan Peserta Tour de Bangka
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua Umum MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan touring menggunakan kendaraan ke daerah-daerah yang belum pernah dikunjungi.

"Dengan kegiatan touring-touring ini, inilah salah satu cara kita menjaga NKRI. Kita melintasi wilayah, melintasi batas, melintasi suku, agama, yang ada di pulau-pulau itu, di daerah-daerah itu, supaya tetap menyatu," ungkap Bamsoet dalam acara Branding 4 Pilar MPR RI & Pelepasan Peserta Tour de Bangka di halaman depan Gedung Nusantara III MPR/DPR/DPD RI, Minggu (7/3/2021).

Menurutnya, tugas yang paling penting dalam bersafari atau touring adalah menjaga warisan para pendahulu, para pendiri bangsa ini yang telah menyatukan kurang lebih 17.500 pulau, mempersatukan 270 juta rakyat Indonesia, ribuan bahasa, suku, adat istiadat, dan sebagainya menjadi satu.

"Itulah tugas-tugas kita yang paling penting dalam bersafari atau melakukan touring. Jangan pula kita menjadi pemicu daripada perselisihan antarkelompok, antarsuku, dan antarras, apalagi antaragama, kita harus jadi pemersatu," lanjutnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga sekaligus melepas peserta Tour de Bangka secara simbolis yang rencananya akan berangkat dari Pulau Jawa pada tanggal 10 Maret 2021. Adapun Tour de Bangka rencananya akan diikuti total 85 kendaraan Pajero Sport yang diinisiasi oleh komunitas Pajero Indonesia One.

Ketua Pajero Indonesia One, R. Wahyu Haryadi menerangkan ada sekitar 40 kendaraan dari Jawa yang menyeberang ke Sumatera. Kemudian dari Sumatera akan bergabung total 20 kendaraan lagi yang akan menyeberang ke Pulau Bangka. Selanjutnya di Bangka ada 25 kendaraan yang menunggu di sana.

"Kami berharap dengan kegiatan kami yang basic-nya sebagai touring dan bakti sosial bisa ikut mengkampanyekan (4 pilar MPR) ketika kami konvoi, berkunjung ke daerah-daerah," katanya.

Dalam agenda menyosialisasikan 4 pilar lewat Tour de Bangka, anggota komunitas Pajero Indonesia One menghiasi mobil mereka dengan aneka macam stiker nyentrik. Mulai dari bernuansa bendera Indonesia, karakter Transformers, Spiderman, hingga keindahan alam Pulau Bangka dengan disertai stiker 4 Pilar MPR RI di bagian bodi atau kaca mobil.

"Kami concern untuk membangkitkan pariwisata di daerah, selain kami juga dalam kegiatan touring itu melakukan bakti sosial. Jadi kegiatan kami itu tidak hanya senang-senang tapi juga berbagi dengan masyarakat yang ada di sana," papar Wahyu.

Lihat juga Video: Indro Warkop Bicara Touring Komunitas Moge Harley

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)