Ketua MPR Apresiasi Pemerintah Beri Vaksin ke Atlet Balap Motor

Nurcholis Maarif - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 14:20 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi langkah cepat Kementerian Kesehatan memberikan vaksinasi COVID-19 kepada para atlet balap motor yang akan bertanding di berbagai kejuaraan Asia. Sebab menurut Bamsoet, para atlet bisa fokus berlatih usai divaksin.

Para atlet tersebut adalah Rheza Danica dan Irfan Ardiansyah yang terjun di kejuaraan Asia Road Racing Championship kelas supersport 600, Lucky Hendriansya yang terjun di kejuaraan Asia Road Racing Championship kelas AP250, Gerry Salim yang maju dalam Asia Road Racing Championship kelas Superbike 1000, dan Delvintor Alfarizi yang akan maju di MX2 wildcard MXGP.

"Kelimanya adalah atlet muda otomotif yang mengemban tugas berat mengharumkan nama bangsa. Setelah divaksin, mereka bisa fokus berlatih. Vaksinasi juga memudahkan keberangkatan mereka ke luar negeri untuk berlatih sekaligus menghadapi berbagai pertandingan," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (6/3/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan secara keseluruhan Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan sebanyak 1.500 vaksin untuk para atlet, tenaga pelatih, dan juga pendukung lainnya. Pemberiannya sudah dimulai sejak 26 Februari 2021 di Istora Senayan.

"Nama besar Indonesia dititipkan di pundak para atlet. Tak berlebihan kiranya jika mereka termasuk kalangan yang menerima prioritas vaksinasi COVID-19," ujarnya.

"Mengingat hanya ada dua momentum yang bisa membuat bendera Indonesia berkibar dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan di luar negeri, yakni kunjungan resmi presiden/kepala negara, serta atlet yang memenangkan kejuaraan," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengapresiasi kinerja pemerintah yang secara bertahap telah menyelesaikan proses vaksinasi untuk para tenaga kesehatan, TNI-Polri, petugas pelayan publik, atlet, wartawan dan para tokoh masyarakat. Menurut laporan Satgas COVID-19, per 4 Maret 2021, vaksininasi ke-1 sudah diberikan kepada 2.286.123 jiwa. Sementara vaksinasi ke-2 sudah diberikan kepada 1.100.228 jiwa.

"Sejauh ini tidak ada efek samping serius yang dialami oleh orang yang sudah divaksin. Karena vaksin tersebut sudah terjamin kehalalan dan keamanannya. Masyarakat tak perlu takut untuk divaksinasi," ujarnya.

"Kesuksesan vaksinasi yang ditargetkan menyentuh 181.554.465 penduduk Indonesia, akan menyukseskan terbebasnya Indonesia dari pandemi COVID-19," pungkas Bamsoet.

Simak video 'Ma'ruf Amin Tinjau Vaksinasi Atlet di Istora':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)