Safari Temui Surya Paloh-Prabowo-Suharso, Airlangga: Perkuat Silaturahmi

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 19:41 WIB
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Rahmat Fathan/detikcom)
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan alasannya bertemu dengan sejumlah ketua umum partai politik. Beberapa ketum parpol yang ditemui Airlangga adalah Ketum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Airlangga mengatakan pertemuan maraton dengan sejumlah ketum partai tersebut dalam rangka silaturahmi. Kata dia, silaturahmi tersebut perlu diperkuat untuk pemenangan pemilu nantinya.

"Ya tentu pertemuan silaturahmi itu diperkuat karena untuk pemenangan pemilu kan perlu berkoalisi. Jadi tentu silaturahmi terus dibuka dengan partai-partai yang ada," ujar Airlangga saat ditemui seusai penutupan rapimnas di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (6/3/2021).

Kendati begitu, Airlangga belum dapat memastikan partainya akan berkoalisi dengan partai-partai tersebut. Menurut dia, Partai Golkar akan melakukan konsolidasi internal terlebih dahulu.

"Masih ke depan. Jadi yang pertama kita sekarang konsolidasi internal dulu," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek juga mengomentari pertemuan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Menurut Awiek, keduanya bertemu sebagai sesama menteri.

"Pak Airlangga dan Pak Suharso sesama menteri di kabinet tentu beliau berdua membicarakan tentang pemerintahan, khususnya perencanaan nasional di bidang perekonomian," kata Awiek saat dihubungi, Jumat (5/3).

Meski begitu, Awiek mengatakan Airlangga dan Suharso juga bertemu sebagai ketua umum masing-masing partai. Dengan begitu, kata dia, pembicaraan terkait perkembangan politik ke depannya mungkin juga dibicarakan.

"Kedua, beliau merupakan ketum parpol, maka kalaupun ada pembicaraan politik yang sempat disinggung dalam pertemuan itu, ya itu biasa selingan dari agenda utama. Bisa saja bicara tentang politik. Paling tidak komunikasi politik antarketum terjalin dengan baik," ujarnya.

Diketahui, dalam kurun tiga minggu ke belakang, Airlangga rajin bertemu dengan sejumlah petinggi partai politik. Tiga minggu berkeliling, tiga ketum parpol sudah Airlangga temui.

Airlangga diketahui bertemu dengan tiga ketum parpol, dari Partai NasDem hingga Partai Gerindra. Yang pertama ditemui Airlangga adalah Ketum Partai NasDem Surya Paloh, kemudian Ketum PPP Suharso, dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Simak video 'Rapimnas Golkar: Fokus Penanganan Covid-19 hingga Persiapan Pilkada':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)