Gelar Rapimnas, Golkar Ungkap Banyak Kader Ingin Airlangga Nyapres 2024

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 17:02 WIB
Jakarta -

Partai Golkar telah selesai menggelar rapat kerja nasional (rakernas) dan rapat pimpinan nasional (rapimnas) tahun 2021. Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan banyak aspirasi dari arus bawah yang ingin Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menjadi calon presiden (capres) periode mendatang.

"Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar yang baru saja berakhir menegaskan kuatnya aspirasi dari arus bawah yang menginginkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk dicalonkan sebagai calon presiden," kata Doli kepada wartawan, Sabtu (6/3/2021).

Menurut Doli, aspirasi itu sudah disampaikan secara resmi oleh seluruh 34 DPD Partai Golkar Provinsi se-Indonesia. Tak hanya itu, Doli mengatakan aspirasi agar Airlangga Hartarto maju capres 2024 juga diungkapkan oleh sejumlah ormas hingga senior di lingkungan Partai Golkar.

"Bila selama ini kita menerima aspirasi tersebut secara informal, mendengarkan suara-suara lepas dari bawah, sekarang kami DPP sudah mendapatkan pernyataan aspirasi secara langsung dari seluruh 34 DPD Provinsi, 10 ormas yang ada di lingkungan Partai Golkar, dan senior-senior yang berada di Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, dan Dewan Etik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Airlangga, dikatakan Doli, memberikan apresiasi terhadap setiap aspirasi yang menginginkannya maju menjadi capres. Doli mengatakan semua aspirasi akan dipertimbangkan, karena saat ini Airlangga sedang fokus menangani pandemi COVID-19.

"Aspirasi itu akan menjadi pertimbangan beliau dan pada waktunya akan menjawab aspirasi itu. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Golkar sedang fokus membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

"Aspirasi tersebut buat kami di Korbid Pemenangan Pemilu DPP menambah energi dan semangat baru, sekaligus menjadi dorongan untuk lebih serius lagi menyusun langkah dan strategi, serta bekerja lebih keras lagi dalam pemenangannya," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka rapimnas partainya. Airlangga meminta seluruh kader menyusun langkah awal menuju Pemilu 2024.

"Kita juga bertekad lewat rakernas, kita mulai susun langkah awal bahwa kekuatan beringin akan jadi kekuatan yang solid serta seluruh kader beringin tentu harus kerja keras dan militan agar dalam Pemilu 2024. Kita akan menang baik dalam pileg, pilpres, maupun pilkada serentak," kata Airlangga dalam sambutannya di Pembukan Rapimnas, di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (5/3).

Kemenangan Pilkada 2020, kata Airlangga, harus bisa menjadi semangat untuk menghadapi pertarungan sebelumnya. Dia meminta kader yang menang pilkada juga mengantar kemenangan Pemilu 2024.

Untuk itu, dia meminta seluruh kader menyusun langkah awal menuju Pemilu 2024. Keputusan dalam rakernas nanti akan menjadi strategi untuk kerja meraih kemenangan di Pemilu 2024.

"Kemenangan Golkar dalam Pilkada 2020 hendaknya dapat ditransformasikan dalam kemenangan Pileg dan Pilpres 2024. Tentu kemenangan Pileg dan Pilpres 2024 akan juga mendorong kemenangan pilkada serentak di November 2024 nanti," ujarnya.

"Kepada seluruh gubernur, bupati, walkot, tentu bisa mencalonkan kembali setelah mengantarkan kemenangan pileg/pilpres. Ini adalah modal penting kita. Jika pilkada kemarin kita bisa keluar sebagai pemenang terbesar, maka pada Pemilu 2024 kita akan mampu mengukur dan mengukir prestasi besar sekali lagi," lanjut Airlangga.

(hel/jbr)