Petugas Damkar Evakuasi Ular Sanca Sepanjang 5 Meter di Jaktim

Afzal Nur Iman - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 16:26 WIB
Jakarta -

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur mengevakuasi ular sanca sepanjang 5 meter di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Pihak Damkar Jakarta Timur mengatakan ular tersebut merupakan ular peliharaan warga yang sudah tidak sanggup lagi untuk memelihara ularnya.

Informasi evakuasi ular tersebut didapat dari akun Twitter Damkar DKI Jakarta @humasjakfire pada Sabtu (6/3) pukul 10.13 WIB. Setelah dimintai konfirmasi detikcom, pihak Damkar Jakarta Timur mengatakan proses evakuasi dilakukan pada Jumat (5/3).

"Itu mah penangkapan, jadi warga memelihara gitu, memelihara, gedean, terus khawatir lepas gitu, akhirnya minta tolong pemadam dievakuasi," kata Kepala Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman saat dihubungi, Sabtu (6/3/2021).

Ular tersebut diketahui memiliki panjang 5 meter. Menurut Gatot, ular itu sudah dibawa ke komunitas pencinta reptil. Namun Gatot tidak menjelaskan lebih lanjut tentang nama komunitas yang dimaksud.

"Ya gitu, dibawa ke pencinta reptil," lanjutnya.

Dalam akun Twitter Damkar DKI Jakarta terdapat video yang memperlihatkan dua petugas sedang mengevakuasi ular di kandang yang berada di halaman rumah warga. Kemudian salah satu petugas tambahan ikut membantu proses evakuasi.

"Petugas #DamkarDKI Sektor X Pasar Rebo berhasil mengevakuasi ular sanca berukuran panjang -/+ 5 meter," tulis akun tersebut.

Masih di dalam video tersebut, terlihat beberapa warga asyik menonton proses evakuasi ular yang dilakukan petugas damkar. Sebagian warga juga mengabadikan momen tersebut dengan handphone mereka.

(hel/hel)