Beda Komentar dengan Anies soal Skateboard di Trotoar, Ini Kata Wagub Riza

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 23:01 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab soal perbedaan pendapat dengan Gubernur Anies Baswedan terkait skateboard di trotoar. Dia menegaskan fungsi trotoar sebagai tempat untuk pejalan kaki.

"Kalau mengacu pada peraturan undang-undang yang ada kan fungsinya ada, trotoar fungsinya untuk pejalan kaki. Iya kan?" kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/3/2021).

Dia menyebut Anies akan menambah fasilitas umum untuk arena bermain skateboard. Sebab, lanjut Riza, para pejalan kaki akan keberatan apabila tempatnya diambil untuk aktivitas lain.

"Pak gubernur menyampaikan akan menambah tempat-tempat skateboard di banyak tempat. Tentu harapan kami teman-teman yang bermain, bermainlah di tempatnya. Kalau bermain di trotoar, nanti mengganggu pengguna jalan," ucapnya.

"Gubernur sudah menyiapkan tempat, trotoar dibangun untuk pejalan kaki, sepeda sudah disiapkan oleh Pak Gubernur, motor sudah disiapkan, semua mendapat tempat kendaraan pribadi, transportasi umum, semua serba ditempatkan. Jadi pembangunan ini komprehensif. Semua harus patuh, taat sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada," sambungnya.

Politikus Gerindra ini menyampaikan saat ini sudah banyak lokasi bermain skateboard yang disediakan Pemprov DKI. Untuk itu, dia berharap warga bisa bermain skateboard sesuai tempatnya. Pemprov DKI akan menambah sarana bermain skateboard di lokasi lainnya.

"Untuk skateboard kami sudah sediakan di banyak tempat. Tempatnya itu ada di beberapa tempat, ada yang di Kalijodo, Dukuh Atas, kolong flyover Slipi, kolong flyover Pasar Rebo, di Senayan, di banyak tempat," ujarnya.

"Kita siapkan. Teman-teman, adek-adek, saudara-saudara untuk mengikuti tempat yang sudah diarahkan. Pak gubernur juga berkomitmen akan menambah lagi tempat bermain skateboard bagi teman-teman di beberapa tempat. Itu disampaikan oleh pak gubernur," sambungnya.

Seperti diketahui, viral video berisi penangkapan skateboarder di kawasan trotoar Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Hotel Mandarin Oriental. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebut skateboard tidak boleh di trotoar, sementara Gubernur Anies Baswedan diklaim memberikan izin bermain di trotoar. (idn/idn)