detikcom Do Your Magic

Sore Hari, Jl Moh Kahfi I Jagakarsa Macet 300 Meter Gegara Putaran Balik

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 18:37 WIB
Macet di Jl Moh Kahfi I, 5 Maret 2021, sore. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Macet di Jl Moh Kahfi I, 5 Maret 2021, sore. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta - Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan hampir setiap hari mengalami kemacetan. Seperti sore ini, jalan tersebut terlihat macet hingga 300 meter.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (5/3/2021) pukul 17.55 WIB, kemacetan terjadi di Jl Moh Kahfi I dari arah Ciganjur menuju Depok. Kemacetan memanjang dari Pertigaan Jl Warung Silah hingga Bank BRI unit Ciganjur yang jaraknya sekitar 300 meter.

Halaman kompleks ruko-ruko di kawasan Bank BRI dan BNI menjadi tempat berputar balik untuk menuju arah Depok. Kendaraan yang ingin berputar balik sebelumnya diarahkan menuju kawasan pertokoan. Beberapa tukang parkir terlihat membantu mengatur arus lalu lintas di tempat putar balik tersebut.

Macet di Jl Moh Kahfi I, 5 Maret 2021, sore. (Afzal Nur Iman/detikcom)Macet di Jl Moh Kahfi I, 5 Maret 2021, sore. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Terlihat banyak kendaraan yang keluar dari Jl Brigif dan melakukan putar balik di Bank BRI. Jalan sesekali terlihat lancar, namun tidak lama jalan tersebut kembali macet. Setelah melewati Jl Warung Silah, jalan berangsur lancar.

Di arah yang berlawanan juga terlihat kepadatan, namun macet tidak sampai 100 meter. Kendaraan mulai tersendat dari seberang pertigaan Jl Warung Silah hingga Jl Brigif. Kemacetan terjadi karena menunggu kendaraan yang keluar dari Jl Brigif.

Macet di Jl Moh Kahfi I, 5 Maret 2021, sore. (Afzal Nur Iman/detikcom)Macet di Jl Moh Kahfi I, 5 Maret 2021, sore. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Jalan mulai terlihat padat sekitar pukul 17.00 WIB. Jalan terlihat masih basah setelah sebelumnya diguyur hujan deras. Seorang warga bernama Ari Setiawan mengatakan ketika sore hari, macet bisa terjadi hingga malam pukul 19.00 WIB.

"Kalau sore, jam 4 sampai jam 7 (malam)," kata Ari Setiawan.

Bila tidak hujan, Jl Moh Kahfi I ini juga ramai orang-orang. Mereka biasa berbelanja. Keramaian seolah-olah tidak menyiratkan kesan bahwa saat ini adalah masa pandemi COVID-19.

(dnu/dnu)