Max Sopacua Klaim KLB PD di Sumut 99% Siap Digelar, 1.200 Orang Hadir

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 12:25 WIB
Deli Serdang -

Politikus senior Partai Demokrat (PD) Max Sopacua mengklaim kongres luar biasa (KLB) di Sumatera Utara (Sumut) 99 persen siap dilaksanakan. Max mengklaim 1.200 peserta sudah hadir di lokasi KLB.

"99 persen (siap), 1 persen itu adalah range to pembukaan," kata Max di lokasi KLB di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Jumat (5/3/2021).

"Jadi, kalau dihitung sampai saat ini, peserta sudah pada hadir, dihitung dengan peninjau, yang memiliki hak suara, dan yang memiliki hak bicara itu sudah mencapai 1.200 orang sampai hari ini," imbuhnya.

Max mengatakan masih ada peserta yang belum tiba ke lokasi KLB. Peserta-peserta itu masih di dalam perjalanan.

Max kemudian membantah yang hadir di KLB ini adalah orang-orang yang sudah dipecat dari partai. Dia mengatakan pemecatan itu perlu proses yang lama.

"Memecat seseorang itu prosesnya lama, Anda masih ingat Fahri Hamzah? Dia dipecat sebagai kader PKS ketika dia duduk sebagai Wakil Ketua DPR, berapa tahun dia duduk di situ? Jadi nggak bisa ujuk-ujuk dipecat gitu," ucapnya.

Max juga mengklaim peserta yang hadir di KLB juga memiliki suara yang sah. Dia mengatakan peserta ini dari DPD dan DPC se-Indonesia.

"Iya (memiliki hak suara), kita menghitung sudah dua pertiga (persen) dari jumlah suara yang ada. Jadi kongres ini sudah berlangsung sesuai aspek legalitasnya dua pertiga dari jumlah suara," jelas Max.

Max tidak menjelaskan apakah peserta sah yang hadir itu dibuktikan dengan surat keputusan yang sah. Dia mengatakan tidak memiliki kewenangan memeriksa hal itu.

"Ada dalam anggaran dasar anggaran rumah tangga. Saya tidak di bidang itu mengatakan iya atau tidak," paparnya.

(zak/zak)