Podcast: Para Penunggang UU ITE

Fajar Y. Rasdianto - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 10:32 WIB
Podcast detikX Episode 3
Ilustrator: Mindra Purnomo
Jakarta -

Pemerintah membentuk tim untuk mengkaji Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Presiden Joko Widodo mengatakan tidak ingin UU tersebut justru menimbulkan rasa ketidakadilan di masyarakat.

Tapi, tahukah Anda siapa yang paling 'hobi' membuat laporan ke polisi terkait dengan UU ITE? Jawabannya cukup mengejutkan. Sebanyak 70 persen pelaporan ke polisi dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan. Mereka antara lain pejabat pemerintahan, pengusaha, dan aparat kepolisian itu sendiri. Sebesar 29 persen laporan dilakukan antar-masyarakat. Sedangkan sisanya, 1 persen, tidak jelas.

Begitu data Perkumpulan Kebebasan Asia Tenggara (SAFEnet) menunjukkan. Menurut SAFEnet, Pelaporan oleh polisi meningkat pada April 2020 ketika Kapolri saat itu, Jenderal (Purnawirawan) Idham Aziz, mengeluarkan surat telegram berisi perintah kepada jajarannya agar menindak siapa pun yang melakukan penghinaan terhadap penguasa dan pejabat pemerintah.

Dengarkan polemik tentang penggunaan UU ITE yang dianggap mengandung pasal karet dan rentan dipakai untuk alat kriminalisasi itu selengkapnya di Podcast d'Investigator episode ketiga. Judulnya, "Para Penunggang UU ITE". Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan d'Investigator di Spotify.

(irw/irw)