Klaim Tak Ada di BAP, Nobu Tolak Bersaksi di Sidang Penyebar Video Syur

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 08:46 WIB
Michael Yukinobu Defretes usai jalani pemeriksaan tersangka video syur
Michael Yukinobu Defretes setelah menjalani pemeriksaan tersangka video syur. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Gisella Anastasia atau Gisel dan Michael Yukinobu Defretes atau Nobu dipanggil untuk memberikan keterangan sebagai saksi di sidang penyebar video syur keduanya pada pekan depan. Pihak Nobu telah menentukan sikap, tidak akan menghadiri persidangan tersebut.

"Ya nggak wajib hadir dong, untuk apa? Kan bukan kepentingan kita. Ya nggak boleh datang dong, bukan kepentingan kita, nggak boleh dateng," ujar pengacara Nobu, Irwansyah Putera, saat dihubungi detikcom, Jumat (5/3/2021).

Irwansyah menyarankan kepada Nobu untuk tidak memenuhi panggilan tersebut. Sebab, selama penyidikan di kepolisian, Nobu tidak pernah diperiksa sebagai saksi untuk kedua tersangka.

"Kaitannya apa? Kalau nggak ada keterangan dalam BAP, masa bisa bersaksi di sidang?" tuturnya.

Menurut Irwansyah, tidak ada kepentingan Nobu dalam persidangan kedua terdakwa, PP dan MN, itu. Ia memastikan Nobu tidak akan datang ke persidangan tersebut.

"Nggak boleh dong klien saya dipanggil-panggil kalau nggak ada keterangan dalam BAP. Nanti kalau diserang pribadinya gimana? Memang (Nobu) dipanggil (untuk bersaksi) tapi, saya nggak izinin," bebernya.

Terlebih, kata Irwansyah, kliennya itu tidak punya hubungan apa pun dengan kedua terdakwa. Nobu juga tidak mengenal kedua terdakwa.

"Nggak kenal dengan yang nyebar. Sekarang kalau Mbak jadi Nobu, terus yang nyebar ditangkap, terus jadi terdakwa, apa Mbak mau datang beri keterangan, nggak kan? Makanya kan lucu, ngapain kita datang memberikan keterangan untuk orang yang sudah buat masalah, yang mana nggak pernah di-BAP juga," urainya.

Di sisi lain, menurutnya, perkara dua penyebar dengan kasus yang menjerat Nobu adalah dua hal berbeda dan tidak ada keterkaitan satu sama lainnya.

"Nggak ada kaitannya, kan itu pasalnya kan penyebar yang nyebarin siapa, kan gitu. Kalau si Gisel dan si Nobu ini kan yang ada dalam videonya, kan yang dikejar yang nyebarin. Terkait asusilanya di UU ITE itu kan orang yang ada dalam videonya, kalau terkait penyebarnya kan bukan mereka (Gisel-Nobu) yang nyebarin. Jadi nggak ada kaitannya dengan mereka dong," paparnya.

Sementara itu, Gisel punya sikap berbeda, simak di halaman selanjutnya

Simak juga 'Imbas Video Syur, Nobu Harus Bikin Perjanjian Pranikah dengan Pacar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2