Satgas: DKI-Jabar-Jateng-Jatim Konsisten Penyumbang Kasus Corona Terbanyak di RI

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 17:42 WIB
Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Jubir Satgas Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap provinsi yang hampir selalu masuk empat besar jumlah kasus tertinggi Corona. Empat provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Awalnya, Juru Bicara Satgasa COVID-19, Wiku Adisasmito menampilkan tabel 'Top 10 Provinsi Dengan Jumlah Kasus Kumulatif Tertinggi Bulanan'. Dia menjelaskan bahwa data ini dilihat selama perkembangan 11 bulan Corona di Indonesia. Provinsi dari Pulau Jawa dan Bali konsisten berkontribusi pada jumlah kasus Corona di Indonesia.

"Jika dilihat dari perkembangan 11 bulan, provinsi di Pulau Jawa dan Bali secara konsisten memberikan kontribusi yang tinggi dalam jumlah kasus COVID-19 di Indonesia," kata Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Top 10 Provinsi dengan Kasus Kumulatif Corona Tertinggi (Dok. BNPB)Top 10 Provinsi dengan Kasus Kumulatif Corona Tertinggi (Dok. BNPB)

Dia menjelaskan bahwa hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali masuk 10 besar kasus Corona nasional setiap bulannya. Namun hal ini tidak berlaku pada bulan Oktober 2020 dimana hanya empat provinsi dari Pulau Jawa dan Bali yang masuk ke dalam 10 besar.

Wiku mengungkap provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur hampir selalu menempati posisi empat besar jumlah kasus tertinggi Corona.

"Kemudian jika dilihat lebih dekat lagi, maka DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur hampir selalu menduduki posisi empat besar jumlah kasus tertinggi yaitu pada bulan April, September sampai dengan Desember 2020, Januari dan Februari 2021.," tuturnya.

Simak Video: Hari Ini Corona RI Tambah 7.264 Kasus-6.440 Sembuh

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2