Safari Airlangga 3 Minggu Bertemu 3 Ketum Parpol, Golkar Klaim Kebetulan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:53 WIB
Ketua DPP Golkar Meutya Hafid.
Ketua DPP Golkar Meutya Hafid (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan safari dengan sejumlah ketum parpol dalam kurun 3 minggu ke belakang. Golkar menyebut pertemuan-pertemuan yang digelar pada waktu yang berdekatan itu hanya kebetulan.

"Semua pertemuan yang dilakukan, baik itu sebagai beliau ketua umum ataupun beliau kebetulan bertemu menteri lainnya yang adalah ketua umum, itu hal yang wajar saja," kata Ketua DPP Meutya Hafid kepada wartawan di Studio Digital Partai Golkar, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

Meutya menjelaskan kunjungan Airlangga menemui Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hanya pertemuan biasa sesama menteri. Menurutnya, pertemuan itu membahas penanggulangan COVID-19.

"Nggak (ada pertemuan khusus), silaturahmi biasa sesama menteri. Mungkin hal penanggulangan COVID dan lain-lain. Jadi wajar dan biasa aja," katanya.

Meutya pun menegaskan momentum kunjungan Airlangga menemui Surya Paloh, Suharso, dan Prabowo dalam waktu yang berdekatan hanya kebetulan. Menurutnya, saat ini Golkar sedang fokus pada persoalan Pilkada 2020 yang masih belum rampung dan persiapan rapimnas partai.

"Momentumnya kebetulan saja di minggu-minggu ini. Namun demikian, sekali lagi kami sedang fokus di memastikan pilkada yang saat ini masih diperjuangkan di Mahkamah Konstitusi dan sibuk mempersiapkan rakernas dan rapimnas pertama kali," tuturnya.

Lebih jauh, Meutya juga menepis adanya pembahasan terkait Pemilu 2024 dalam ketiga pertemuan itu. Ia memastikan saat ini Golkar belum membuat keputusan apapun terkait Pemilu 2024.

"Kalau tentang strategi politik 2024 terlalu dini. Tidak ada pembicaraan khusus mengenai konvensi. Tidak ada pembicaraan khusus mengenai pilpres. Silaturahmi politik ataupun sesama menteri di kabinet dalam kerangka Menko (Perekonomian) dan Bappenas dan juga Menhan, menurut saya, itu hal yang wajar saja. Silaturahmi," ujarnya.

"Tapi sampai saat ini Golkar tidak ada rencana untuk melakukan konvensi dan Golkar belum memutuskan apa pun terkait strategi 2024, karena tentu menunggu perkembangan waktu," imbuhnya.

Diketahui, dalam kurun tiga minggu ke belakang, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto rajin bertemu dengan sejumlah petinggi partai politik. Tiga minggu berkeliling, tiga ketum parpol sudah Airlangga temui.

Airlangga diketahui bertemu dengan tiga ketum parpol, dari Partai NasDem hingga Partai Gerindra. Yang pertama ditemui Airlangga adalah Ketum Partai NasDem Surya Paloh, kemudian Ketum PPP Suharso, dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

(hel/zak)