Polda Metro Tak Beri Izin Laga Fun Football Timnas Vs Selebritis FC

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:23 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin sejumlah pertandingan sepakbola yang digelar di Jakarta. Salah satunya laga fun football antara Timnas Indonesia melawan Selebritis FC tidak diberi izin sama sekali.

"Ada yang sama sekali kami tidak berikan izin adalah pertandingan Selebritis FC yang akan dilaksanakan sekitar tanggal 6-20 Maret itu sama sekali tidak kami izinkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Yusri mengatakan sejauh ini pihak kepolisian baru memberikan lampu hijau izin pertandingan untuk Piala Menpora dan Liga 1. Sedangkan untuk pertandingan di luar dua hal tersebut, Yusri menegaskan pihaknya tidak mengeluarkan izin.

"Karena surat izin yg diberikan kepolisian adalah untuk pertandingan Pra Piala Menpora dan juga Liga 1, itu pun juga bukan di Jakarta. Tapi di tempat-tempat yang ditentukan berdasarkan hasil rapat bersama. Untuk kegiatan selebritas, persahabatan, ini sama sekali tidak diizinkan," terang Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan bahwa pihaknya mendukung kegiatan persepakbolaan di Indonesia. Akan tetapi, pelaksanaan pertandingan sepakbola di masa pandemi COVID-19 ini perlu izin tersendiri, mengingat ada ketentuan PPKM Skala Mikro.

"Karena dalam masa pandemi COVID-19, PPKM berskala mikro, pembatasan kegiatan-kegiatan maupun juga sifatnya berkumpul orang banyak itu dibatasi dan tidak diperbolehkan. Sehingga ketentuan-ketentuan saja, termasuk Liga 1, Piala Menpora, cuma itu yang diizinkan," paparnya.

Sebelumnya, wacana fun football antara Timnas Indonesia VS Selebritis FC ini mengemuka, setelah Raffi Ahmad bertemu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pekan lalu. Saat itu, digaungkan potensi laga uji coba Timnas Indonesia melawan Selebritis FC.

Rencana ini mendapat cibiran lantaran Timnas Indonesia bermain melawan tim amatir. Padahal, Timnas Indonesia yang kini sedang Pemusatan Latihan (TC) di Jakarta ada tim proyeksi SEA Games 2021.

Menpora Zainudin Amali membenarkan wacana laga persahabatan Timnas Indonesia melawan Selebritis FC. Ia menegaskan laga ini tak serius, cuma fun football saja.

Amali menegaskan bahwa laga nanti bukan uji coba serius. Hal itu diungkapkan Amali saat menerima kunjungan Raffi Ahmad di kantornya, Rabu (24/2/2021).

"Akan ada pertandingan persahabatan yang akan dilakukan, tapi belum tahu teknisnya. Ada tim PSSI juga yang diwakili IB (Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto)," kata Amali.

Simak juga Video: Soal Laga Timnas U-23, Polri : Bukan Dibatalkan Tapi Ditunda

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)