detikcom do your magic

Satpol PP Makassar Akan OTT Pembuang Sampah di Nikel Raya: Denda Rp 50 Juta

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 15:02 WIB
Satpol PP Makassar menjaga lokasi sampah menumpuk di Jalan Nikel Raya (dok. Istimewa).
Foto: Satpol PP Makassar menjaga lokasi sampah menumpuk di Jalan Nikel Raya (dok. Istimewa).
Makassar -

Pemerintah Kota Makassar mengerahkan personel Satpol PP untuk mengamankan warga yang membuang sampah di Jalan Nikel Raya. Sebab, Jalan Nikel Raya yang sebelumnya dipenuhi sampah menggunung kembali dikotori warga yang membuang sampah sembarangan.

"Kasatpol PP akan menempatkan personel untuk melakukan OTT (operasi tangkap tangan) siapa yang buang sampah di situ," ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar Iman Hud saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (4/3/2021).

Pantauan detikcom di Jalan Nikel Raya, Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, sejumlah personel Satpol PP telah berjaga di lokasi bekas tumpukan sampah yang sempat menggunung. Sampah yang tadi pagi sempat dibuang oleh pengendara mobil juga telah dibersihkan kembali.

Iman mengingatkan, warga yang terkena OTT membuang sampah sembarangan di Jalan Nikel Raya akan dikenakan sanksi sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar tentang sampah.

"Denda Rp 50 Juta maksimal dan penjara 3 bulan maksimal," tegas Iman Hud yang juga Kasatpol PP Makassar.

Satpol PP Makassar menjaga lokasi sampah menumpuk di Jalan Nikel Raya (dok. Istimewa).Satpol PP Makassar menjaga lokasi sampah menumpuk di Jalan Nikel Raya.(dok. Istimewa)

Iman juga meminta agar Camat Rappocini dan Lurah Ballaraparang proaktif menjaga wilayahnya dari warga yang membuang sampah sembarang, khususnya di wilayah Jalan Nikel Raya.

"Sebenarnya kalau Lurah dan Camat itu proaktif, dan warga (proaktif), masa tidak bisa kau OTT orang yang buang sampah di situ," kata Iman.

Iman mengungkapkan, warga yang membuang sampah di Jalan Nikel Raya tidak melakukan aksinya secara terang-terangan, tapi dengan sembunyi-sembunyi. Untuk itu dia juga akan memasang kamera pengawas (CCTV) di lokasi tempat warga kerap membuang sampah.

"Kita juga harus pasang CCTV di situ, supaya bisa tertangkap (warga buang sampah sembarangan). Kita akan melakukan pemantauan dari jauh, dekat kantor lurah di sana," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya>>>

Simak Video: Jorok! Sampah Menumpuk di Jalan Nikel Raya Makassar

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2