Viral Anak-anak Main di Atap JPO Tol Cawang, Begini Penelusuran Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 11:09 WIB
Tangkapan layar video viral yang disebut anak-anak bermain di JPO Tol Cawang. Foto dari screenshot video viral Instagram @jakfoni
Tangkapan layar video viral (dok. istimewa)
Jakarta - Sebuah video memperlihatkan beberapa orang berada di atas atap jembatan penyeberangan orang (JPO) Tol Cawang, Jakarta Timur. Dalam video viral itu disebutkan orang-orang yang berada di atap JPO itu merupakan anak-anak yang tengah bermain.

Menanggapi video viral tersebut, Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan narasi dalam video viral itu keliru. Dia mengatakan hasil pengecekan kepolisian diketahui orang yang berada di atap JPO tersebut tengah memasang sebuah spanduk.

"Iya, jadi itu orang yang pasang spanduk. Tadi Kainduk Jaya 1 laporkan ke saya, sudah dicek," kata Akmal saat dihubungi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (3/3) kemarin. Namun Akmal belum merinci pihak yang memasang spanduk serta isi spanduk tersebut.

Akmal hanya mengatakan kegiatan pemasangan spanduk tersebut pasti telah mengantongi izin dari pihak pengelola tol. Dia membantah warga yang berkeliaran di atap JPO tersebut merupakan anak-anak yang tengah bermain.

"Kalau anak main nggak mungkin kan naik ke situ berbahaya banget di situ. Pasti itu sudah dapat izin dari pengelola tol kalau mau menggunakan itu," terang Akmal.

Lebih lanjut Akmal mengatakan kegiatan pemasangan spanduk tersebut tidak berlangsung lama. Dia menyebut setelah pemasangan selesai, area di atap JPO itu kembali steril.

Selain itu, Akmal mengimbau kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam menyebarkan informasi ke media sosial. Dia berharap tiap informasi yang disebar tersebut dicek terlebih dahulu kebenarannya.

"Yang jelas ada orang yang pasang spanduk. Tapi ya yang iseng orang yang lewat itu kasih narasi anak kecil main. Harusnya dia melaporkan, jangan memviralkan hal yang nggak jelas," ungkapnya.

Untuk diketahui video tersebut viral di media sosial. Dalam video viral itu pengunggah menarasikan sekelompok anak bermain di atap JPO Tol Cawang.

"Sejumlah anak bermain di atap JPO toll Cawang Cililitan sore hari ini Rabu (3/2)," tulis narasi pada video viral tersebut.

Simak juga 'TNI Pastikan Wanita yang Pamer Mobil Berpelat Dinas TNI Palsu!':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)