Dirjen Kemensos Akui Pertemuan dengan Pengusaha Penyuap Juliari Batubara

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 23:12 WIB
Mensos Juliari P. Batubara
Juliari P Batubara saat menjabat Menteri Sosial. (Dok. Kemensos)
Jakarta -

Dirjen Linjamsos Kemensos, Pepen Nazarudin, mengakui adanya pertemuan dengan penyuap Juliari P Batubara dkk terkait korupsi bansos Corona. Pepen juga mengaku pernah didatangi sekitar 7 perusahaan yang minta dibantu menjadi penyedia bansos Corona.

Hal itu terungkap saat sidang penyuap mantan Mensos, Juliari Batubara, Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (3/3/2021). Awalnya jaksa mengkonfirmasi apakah Pepen pernah didatangi perusahaan yang meminta dibantu mendapat proyek bansos Corona, Pepen pun mengamini hal itu.

"Banyak. Ada sekitar 6 atau 7 (perusahaan). Saya sampaikan langsung ke KPA, saya nggak paham siapa yang milih," kata Pepen.

Pepen mengaku dia tidak pernah merekomendasikan perusahaan itu. Namun, dari 7 perusahaan yang mendatanginya, ada yang benar-benar terpilih menjadi penyedia bansos Corona oleh Kemensos.

Selain itu, dia mengakui adanya pertemuan dengan Ardian Iskandar Maddanatja. Menurut Pepen, pertemuan itu terjadi ketika Isro Budi yang merupakan temannya menghubunginya, dan mengenalkan dia dengan Nuzulia Hamzah Nasution.

Dalam dakwaan jaksa KPK, Nuzulia bekerja sama dengan Ardian ketika menjadi penyedia bansos sembako. Nuzulia juga turut memberikan uang ke Ardian untuk selanjutnya diserahkan ke orang kepercayaan Juliari P Batubara, Matheus Joko Santoso.

"Dia (Isro Budi) bilang mau ikut penawaran, kemudian kami sampaikan ke KPA dan PPK, silakan ke sana," kata Pepen.

Dia juga mengatakan mengadakan pertemuan dengan Nuzulia dan Budi di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan. Setelah itu Pepen diajak ke gudang sembako diajak oleh Budi dan Lia, dan bertemu dengan Ardian.

"Ya (bertemu dengan Ardian). Saya nggak tahu itu gudangnya Pak Ardian," sebut Pepen.

"Karena di sana banyak orang. Tiap gudang selalu ketemu orang," tambahnya.

Baca kesaksian Pepen selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2