Ngaku Tak Terkait dengan Syahganda, Saksi Ini Ternyata Bawahannya

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 20:45 WIB
Sidang Syahganda Nainggolan (Luqman-detikcom)
Sidang Syahganda Nainggolan (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Kubu Syahganda Nainggolan menghadirkan Ketum Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) 98, Abdul Hakim, sebagai saksi yang meringankan terdakwa. Abdul mengaku tidak ada kaitan dengan Syahganda, namun ternyata merupakan bawahan dari Syahganda di PPMI 98.

Hal itu terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Rabu (3/3/2021). Awalnya, hakim ketua Ramon Wahyudi menanyakan keterkaitan saksi meringankan dengan terdakwa Syahganda Nainggolan.

"Kaitan dengan terdakwa tidak ada ya?" tanya Ramon.

"Kaitan langsung tidak ada," jawab Abdul.

Namun terungkap bahwa Abdul dan Syahganda tergabung dalam PPMI 98. Abdul bertindak sebagai ketua umum, sedangkan Syahganda menjabat ketua dewan syariah.

"Terdakwa sebagai apa?" tanya hakim.

"Ketua Dewan Syariah PPMI 98," ujar Abdul.

Abdul menceritakan, pihaknya menjadi salah satu yang menolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja. Dia juga mengaku selalu memberikan laporan kepada Syahganda Nainggolan.

"Saya selaku ketua umum selalu memberikan report kepada Ketua Dewan Syariah terhadap pembahasan RUU omnibus law. Saya komunikasikan kepada beliau terkait ketenagakerjaan," ungkap Abdul.

Penasihat hukum Syahganda, Djuju Purwantoro, sempat menyinggung soal cuitan Syahganda Nainggolan terkait ucapan selamat demo kepada PPMI 98. Saksi meringankan itu menyebut cuitan itu bukan akibat dari terjadinya kerusuhan dalam demo omnibus law di Jakarta.

"Kalau ada kerusuhan katakan dalam unjuk rasa apakah itu serta-merta karena ajakan terdakwa?" tanya Djuju.

"Tidak," jawab saksi.

Simak sikap jaksa penuntut umum atas keterangan saksi meringankan di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2