Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Kedua Kalinya Hari Ini

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 16:40 WIB
Gunung Sinabung
Ilustrasi Gunung Sinabung Erupsi (Dok. Badan Geologi)
Medan -

Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali mengalami erupsi. Erupsi ini merupakan yang kedua kalinya hari ini.

"Terjadi awan panas guguran pada tanggal 3 Maret 2021, pukul 15.03 WIB," kata Plt Kalaksa BPBD Karo, Natanail Perangin Angin, saat dimintai konfirmasi, Rabu (3/3/2021).

Natanail menyebutkan, jarak luncurnya mencapai 2.000 meter ke arah tenggara timur. Sejauh ini, kata Natanail, sudah dua kali terjadi erupsi Gunung Sinabung.

"Jarak luncur 2.000 meter ke arah tenggara timur dengan amplitudo 120 mm, durasi 236 detik arah angin ke timur. Ada dua kali (erupsi hari ini)," ujar Natanail.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali meluncurkan awan panas pagi tadi. Warga diminta tak memasuki zona merah yang telah ditetapkan pemerintah.

"Terjadi awan panas guguran pada tanggal 3 Maret 2021 pukul 08.52 WIB," kata Natanail, Rabu (3/3/2021).

Natanail mengatakan jarak luncuran awan panas tidak teramati karena kabut. Menurut dia, luncuran terjadi selama 332 detik.

Natanail mengimbau warga agar tidak memasuki zona merah Gunung Sinabung. Dia meminta warga di sekitar gunung tetap menggunakan masker.

"Agar patuhi zona merah Sinabung dan kurangi aktivitas di wilayah terpapar abu vulkanik dan tetap memakai masker," jelasnya.

Simak Video: Penampakan Dahsyatnya Awan Panas Gunung Sinabung

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)