Partai Nanggroe Aceh Putuskan Nama Cawagub Lusa

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 15:42 WIB
Museum Tsunami. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Aceh (Dikhy Sasra/detikcom)
Banda Aceh -

Partai Nanggroe Aceh (PNA) bakal menentukan calon Wakil Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022 dalam dua hari ke depan. Ada empat nama calon yang bakal dibahas PNA.

"Insyaallah Jumat lusa akan ada hasil baru, keputusan PNA," kata Sekjen PNA Miswar Fuady saat dimintai konfirmasi, Rabu (3/3/2021).

PNA bakal menyampaikan keputusan tersebut dengan partai pengusung lainnya. Ada lima partai pengusung pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pada Pilkada 2017, yaitu Partai Demokrat, PKB, PNA, Partai Daerah Aceh, dan PDIP.

"Itu keputusan PNA yang akan dikomunikasikan dengan partai pengusung lainnya," jelas Miswar.

Untuk diketahui, ada empat nama yang diusulkan PNA untuk dibahas Majelis Tinggi Partai. Keempat nama itu adalah Muharuddin (mantan Ketua DPR Aceh/kader Partai Aceh), Muhammad Nazar (mantan Wakil Gubernur Aceh), Muhammad MTA (PNA), dan M Zaini Yusuf (adik Irwandi Yusuf dari PNA).

Sebelumnya, Nova resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh pada Kamis (5/11/2020). Pelantikan dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Nova, yang sebelumnya menjabat Plt Gubernur Aceh, dilantik untuk menggantikan Irwandi Yusuf, yang dipecat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Irwandi dipecat setelah putusan kasus korupsinya inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Gubernur Nova menyerahkan pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampinginya pada partai pengusung.

"Cawagub itu domainnya partai pengusung. Nanti akan ada forum yang membahas ini di kalangan partai pengusung," kata Nova kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

(agse/haf)