Majelis Tinggi PNA Bahas Irwandi Yusuf Rekomendasi Adik Jadi Cawagub Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 17:30 WIB
ubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dituntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Irwandi diyakini jaksa bersalah menerima suap dan gratifikasi.
Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf yang juga Ketua Umum Partai Nanggroe Aceh (PNA) usulkan adik menjadi cawagub pendamping Nova Iriansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Banda Aceh -

Ketua Umum Partai Nanggroe Aceh (PNA) Irwandi Yusuf merekomendasikan adiknya M Zaini Yusuf sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Aceh sisa masa jabatan 2017-2022. Nama Zaini bakal dibahas Majelis Tinggi PNA.

"Posisinya sama dengan tiga nama yang sudah direkom oleh Dewan Pimpinan Pusat PNA sebelumnya," kata Sekjen PNA Miswar Fuady saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (8/2/2021).

Miswar mengatakan, nama Zaini diusulkan untuk mengakomodir aspirasi relawan Irwandi-Nova. Hingga kini sudah ada empat nama yang diajukan ke Majelis Tinggi PNA.

Keempat nama itu adalah Muharuddin (mantan Ketua DPR Aceh/kader Partai Aceh), Muhammad Nazar (mantan Wakil Gubernur Aceh), Muhammad MTA dan Zaini (dari PNA). Nama yang muncul itu bakal dibahas Majelis Tinggi partai dalam rapat khusus.

Miswar menyebut, dalam rapat itu nanti dipilih satu nama yang bakal diusulkan PNA secara resmi sebagai Cawagub Aceh. Miswar belum tahu kapan PNA akan membahas nama yang direkomendasikan.

"Kita tunggu kapan Majelis Tinggi PNA mengadakan rapat khusus untuk membahasnya," jelasnya.

Miswar menjelaskan, lima partai pengusung Irwandi-Nova belum duduk secara resmi untuk membahas masalah Wagub. Namun dia menargetkan bulan depan sudah muncul nama yang diajukan PNA.

"Kalau saya pribadi Maret 2021 harus sudah final dan mengusulkan satu nama cawagub dari PNA," ujar Miswar.

Sebelumnya, Nova resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh pada Kamis (5/11/2020). Pelantikan dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Nova yang sebelumnya menjabat Plt Gubernur Aceh dilantik untuk menggantikan Irwandi Yusuf, yang dipecat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Irwandi dipecat setelah putusan kasus korupsinya inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Gubernur Nova menyerahkan pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampinginya pada partai pengusung.

"Cawagub itu domainnya partai pengusung. Nanti akan ada forum yang membahas ini di kalangan partai pengusung," kata Nova kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

(agse/jbr)