detikcom Do Your Magic

2 Hari Usai Pembatas Jl Cilincing Dicat Terang, Tak Ada Lagi Kecelakaan

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 17:00 WIB
Pembatas jalan rawan kecelakaan di Jl Raya Cilincing, Kali Baru, Jakarta Utara kini dicat. 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Pembatas jalan rawan kecelakaan di Jl Raya Cilincing, Kali Baru, Jakarta Utara, kini dicat, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Sebelumnya, pembatas jalan di Jl Raya Cilincing ini sering mengakibatkan kecelakaan tunggal. Kini pembatas jalan ini sudah dicat terang sehingga lebih mudah terlihat. Tak ada lagi kecelakaan yang terjadi.

Pembatas jalan ini ada di Jl Raya Cilincing, Lagoa, Koja, Jakarta Utara. Kini pembatas jalan itu berwarna cerah kuning-hitam. Warna dinilai berpengaruh terhadap visibilitas barang keras berbahan beton ini. Pengendara yang melintas menjadi waspada.

Jl Raya Cilincing, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, kini pembatas jalannya dicat terang. 2 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Pembatas jalan di Jl Raya Cilincing, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, kini dicat terang, 2 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Sejak dicat, belum ada kecelakaan pengendara karena menabrak pembatas jalan.

"Sebetulnya ada ngaruhnya juga, jadi orang bisa ngelihat kalau itu pembatas, sedangkan kalau belum dicat itu kan dia warnanya hampir sama kaya jalanan, jadi orang ngiranya itu, itu bukan pembatas," ujar salah seorang warga bernama Rizal saat ditemui di lokasi, Selasa (2/3/2021).

Setelah dilakukan pengecatan, dia belum mendengar terjadi kecelakaan di tempat tersebut. Pengecatan diketahui dilakukan pada hari Minggu (28/2) lalu oleh dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Rizal mengatakan penyebab terjadi kecelakaan karena sopir tidak bisa membedakan pembatas jalan karena warnanya yang menyerupai dasar jalan, yakni abu-abu. Pembatas jalan abu-abu di tengah aspal abu-abu itu bak bunglon hijau di dedaunan yang hijau juga. Kecelakaan biasanya terjadi ketika malam.

"Iya, apalagi kejadiannya kan malam melulu, sedangkan lampu kan kalo dibilang penambahan masih gini-gini aja belum ada penambahan," ujarnya.

Dia tidak mengetahui betul apa fungsi pembatas jalan tersebut. Setahu dia, kendaraan bebas untuk memilih antara kedua jalur yang dibatasi dengan pembatas beton tersebut.

"Kalau emang buat (truk) trailer, (kendaraan) pribadi masuk, kalo emang di sebelahnya buat (kendaraan) pribadi ya (truk) trailer juga masuk. Ya jadi emang nggak ada gunanya," lanjutnya.

Jl Raya Cilincing, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, kini pembatas jalannya dicat terang. 2 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Pembatas jalan di Jl Raya Cilincing, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, kini dicat terang, 2 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Selanjutnya, kesaksian warga lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2