10 Juta Vaksin Corona Sinovac Masuk, Kini Indonesia Punya 38 Juta Dosis

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:58 WIB
Wamenkes Dante saat umumkan kedatangan 10 juta dosis vaksin Corona dari Sinovac
Wamenkes Dante Saksono (Foto: dok. KPCPEN)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengatakan ada 10 juta dosis vaksin Corona atau COVID-19 dari Sinovac yang kembali masuk ke Indonesia. Total ada 38 juta vaksin Corona yang telah masuk ke Indonesia.

"Kehadiran vaksin COVID-19 tahap kelima menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam melindungi masyarakat dan mengakhiri pandemi, melalui program vaksinasi gratis, kata Dante, Selasa (2/3/2021).

Dia mengatakan ini merupakan 10 juta vaksin yang masuk hari ini bakal digunakan untuk program vaksinasi tahap kedua. Vaksinasi tahap kedua ini menargetkan penyuntikan vaksin Corona kepada 16,9 juta petugas layanan publik dan 21,5 juta kelompok lansia di atas 60 tahun.

Ke-10 juta vaksin tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, lalu dibawa ke Bio Farma Bandung. Vaksin tersebut diterima dalam bentuk bulk yang kemudian diproduksi oleh Bio Farma.

"Ke depannya secara bertahap akan datang 185 juta vaksin dari Sinovac. Kita juga masih menunggu vaksin dari Pfizer BioNTech, AstraZeneca, dan Novavax," ucapnya.

Vaksin, katanya, merupakan salah satu cara paling efektif menghentikan pandemi. Dante memastikan pemerintah terus berupaya mengamankan vaksin Corona dari sejumlah produsen.

"Di tengah tingginya permintaan di seluruh dunia, Indonesia sangat beruntung bisa mengamankan vaksin COVID-19 dari sejumlah produsen yang dipergunakan untuk program vaksinasi gratis dari pemerintah," ujarnya.

Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sambil menunggu proses vaksinasi berjalan. Dia mengatakan disiplin protokol kesehatan menjadi cara melindungi warga dari Corona.

"Protokol kesehatan akan melindungi kita dan orang sekitar dari penularan COVID-19," ucapnya.

Simak video 'Serba-serbi Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan dan Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/hri)