Pesan Gibran dan Janji Karang Taruna 2020-2025 Usai Dikukuhkan

Rahel Narda C - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:11 WIB
Tangkapan Layar Mensos Tri Rismaharini melantik pengurus Karang Taruna periode 2020-2025
Foto: Tangkapan layar Mensos Tri Rismaharini melantik pengurus Karang Taruna periode 2020-2025
Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna periode 2020-2025. Ketua Majelis Pertimbangan Pengurus Nasional Karang Taruna Gibran Rakabuming Raka mengimbau Karang Taruna ikut menyukseskan program vaksinasi COVID-19.

"Pesan saya kepada ketum dan pengurus nasional Karang Taruna masa bakti 2020-2025. Satu kan langkah dalam kesetiawanan bersama pemerintah dan masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi ini," kata Gibran dalam acara pengukuhan Pengurus Karang Taruna yang disiarkan secara virtual, Selasa (2/3/2021).

Gibran meminta Karang Taruna tidak pernah lelah berjuang untuk memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial bangsa. Ia mendorong Karang Taruna menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi bangsa.

"Karang Taruna harus jadi garda terdepan gerakan sosial bersama pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan bangsa. Jangan pernah lelah untuk terus berjuang memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial untuk masyarakat dan bangsa," tegasnya.

Gibran pun kembali mengingatkan situasi bangsa yang masih berjuang bangkit melawan pandemi COVID-19. Ia mendesak setiap anggota Karang Taruna optimistis dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Tangkapan layar Ketua Majelis Pertimbangan Pengurus Nasional Karang Taruna Gibran Rakabuming Raka dalam pengukuhan pengurus Karang Taruna 2020-2025Foto: Tangkapan layar Ketua Majelis Pertimbangan Pengurus Nasional Karang Taruna Gibran Rakabuming Raka dalam pengukuhan pengurus Karang Taruna periode 2020-2025

"Bangsa kita sedang berjuang untuk bangkit dari pandemi COVID-19. Yang tidak hanya berdampak secara ekonomi tapi juga secara sosial. Namun sebagai bangsa yang tangguh kita tidak boleh pesimis menghadapi kenyataan ini. Kita harus optimis," ucapnya.

"Kader-kader Karang Taruna harus optimis karena sikap optimis akan meningkatkan imunitas kita sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan seberat apapun," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto mengucapkan apresiasi atas kehadiran yang melantik para pengurus Mensos Risma. Ia menilai pengukuhan ini akan menguatkan dan meningkatkan karya bakti Karang Taruna ke masyarakat.

Tangkapan Layar Ketum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto dalam pengukuhan pengurus Karang Taruna 2020-2025Foto: Tangkapan layar Ketum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto dalam pengukuhan pengurus Karang Taruna periode 2020-2025

"Kami menyadari sepenuhnya bahwa pengukuhan ini menjadi salah satu bagian penting perjalanan Karang Taruna ke depan. Pengukuhan hari ini akan semakin menguatkan Karang Taruna dan kami semuanya untuk meningkatkan karya bakti dan pengabdian kami," ungkapnya.

Lebih lanjut, Didik yakin dengan kehadiran Karang Taruna di seluruh Indonesia akan menjadi kunci penting pembangunan bangsa yang sukses. Ia yakin Karang Taruna juga dapat menjadi kunci untuk menuju Indonesia emas.

"Insya Allah karang taruna akan mampu menjadi rumah besar kebhinekaan pemuda Indonesia dan menjadi kunci penting dalam suksesnya pembangunan nasional termasuk pembangunan SDA dan juga pembangunan sosial dalam menuju Indonesia emas dalam menuju Indonesia yang lebih maju dan lebih sejahtera," ujarnya.

Selain itu, Didik juga menyoroti adanya arus globalisasi yang membuat perubahan perkembangan zaman. Ia mendorong setiap pemuda untuk mampu adaptasi dan menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan zaman.

"Kami sadar sepenuhnya bahwa zaman telah berubah, arus globalisasi terus melahirkan tatanan dan kebiasaan baru yang menuntut kita semuanya dan generasi bangsa untuk terus beradaptasi dan menyesuaikan dengan tuntutan tersebut," ujarnya.

"Namun adaptasi dan penyesuaian tersebut harus tetap dalam koridor sesuai dengan kearifan dan nilai luhur bangsa kita agar kita semuanya tidak tergerus dan tergilas dengan arus perubahan," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna periode 2020-2025. Ia mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna di bawah kepemimpinan Ketua Umum Didik Mukriyanto.

Pengukuhan dilakukan berdasarkan SK Mensos RI Nomor 09/HUK/2021 tanggal 1 Maret 2021. Pengukuhan dilakukan secara fisik dan virtual. Hadir secara virtual Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Gibran Rakabuming Raka.

Tonton video 'Gibran Minta Menhub Percepat Pembangunan Rel Layang':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/gbr)